Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Di Tulungagung, harga kulit kambing turun sebesar Rp 1500 per lembar. Sedangkan harga kulit sapi turun Rp 2 ribu per kilogram. Foto Bondan
Stok Melimpah Saat Idul Kurban, Harga Kulit Anjlok
Senin, 12-08-2019 | 20:14 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Melimpahnya stok kulit kambing dan sapi saat momen idul adha, membuat harga kulit di pasaran mengalami penurunan.

Di rumah H Mashuri di Desa Campurdarat, Kecamatan Campurdarat Tulungagung, tampak lebih sibuk dari biasanya. Dengan dibantu beberapa anggota keluarganya, lelaki yang telah bertahun-tahun menggeluti bisnis kulit hewan ini, tampak sibuk menyeleksi kulit kambing dan sapi. Kulit-kulit tersebut berasal dari warga maupun pedagang yang dijual kepadanya.

Melimpahnya stok kulit pada saat idul kurban,  berdampak pada menurunnya harga. Menurut Mashuri , harga kulit kambing yang biasanya Rp 20 ribu perlembar, turun menjadi Rp 18.500 perlembar. Sedangkan kulit sapi yang sebelumnya Rp 11 ribu perkilogram, turun menjadi Rp 8 ribu per kilogram.

Harga tersebut akan turun lagi, jika kulit mengalami cacat atau berlubang terkena sayatan pisau saat proses pengulitan. Kulit yang berlubang di bagian tepi, dihargai Rp 15 ribu. Namun jika berlubang di tengah, maka lebih tidak berharga lagi, yakni hanya dihargai Rp 5 ribu perlembarnya.

Menurut Mashuri jumlah  kulit yang diterimanya, pada moment idul adha tahun ini, meningkat dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu dia menerima 1500 lembar kulit kambing, saat ini meningkat menjadi 2 ribu lembar. Sementara kulit sapi tahun lalu sebanyak 150 lembar, saat ini yang didapatnya sebanyak 185 lembar.

Ramainya penjualan kulit kambing dan sapi ini, diperkirakan hanya berlangsung selama hari tasyrek yakni tanggal 10 hingga 13 dzulhijah. Selepas hari itu, penjualan kulit akan kembali seperti biasanya tidak lebih dari 10 lembar kulit sapi dan kambing. (pul)

Berita Terkait


Diduga Simpan Kulit Macan, Pembuat Reog Ditangkap Aparat

Stok Melimpah Saat Idul Kurban, Harga Kulit Anjlok

Pengepul Kulit Hewan Bisa Mendapat Ribuan Kulit Kambing dan Sapi

Berkah Idul Adha, Kulit Kambing dan Sapi Diburu Pengepul


Pengepul Kulit Ternak Kebanjiran Order

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber