Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sosok 

Hartoyo, Difabel Perajin Sangkar Burung Dari Limbah Jati
Minggu, 11-08-2019 | 09:10 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Seorang penyandang disabilitas di Magetan, mampu mengolah limbah kayu jati menjadi sangkar burung yang bernilai rupiah. Ia memanfaatkan limbah kayu yang sudah tidak dimanfaatkan menjadi sangkar burung, yang banyak diminati karena hasil karyanya yang bagus.

Keterbatasan fisik, setelah kaki kanannya diamputasi akibat kecelakaan, tak membuat Hartoyo (52) putus asa. Pria yang tingggal di Desa Wates Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan ini, menekuni profesi barunya menjadi perajin sangkar burung.

Penyandang disabilitas yang dulunya menjadi sopir truk ini, memafaatkan limbah kayu jati, yang sudah tidak terpakai, menjadi sangkar burung dengan aneka macam bentuk, dan ukuran.

Dalam sehari, bapak tiga anak ini bisa memproduksi satu sangkar burung, dengan  menggunakan alat mesin yang sederhana. Sangkar burung tersebut dijual mulai dari harga Rp 80 ribu hingga Rp 130 ribu persangkarnya, tergantung ukurannya.

Hasil karyanya yang rapi, banyak diminati para pecinta burung. Tidak hanya dari magetan saja, akan tetapi dari luar daerah, seperti Madiun dan Ponorogo.

Profesi menjadi perajin sangkar burung, dijalaninya sejak 9 tahun silam. Haryoto, mengatakan, usahanya ini digeluti setelah dirinya mengalami kecelakaan pada tahun 1992 lalu, ketika sepeda motornya yang dikendarainya ditabrak truk tronton, hingga kakinya diamputasi.

Keterbatasan modal yang ia alami, menjadi kendala pekerjaan yang digelutinya, karena terkadan tidak bisa membeli bahan baku termasuk untuk mengembangkan usahanya. (yos)

Berita Terkait


Hartoyo, Difabel Perajin Sangkar Burung Dari Limbah Jati

Pemilih Disabilitas Mempunyai Hak Pilih

Hebat, Pemuda Difabel Ahli Komputer

Luar Biasa, Seorang Difabel Memiliki Kemampuan Seperti Ini


Taman Flora Bratang Tak Ramah Difabel

Hari Difabel Internasional, Polisi Beri SIM D Gratis

Ihelp-Hemocs, Alat Bantu Komunikasi Bagi Difabel dan Manula

KPU Tulungagung Sosialisasikan Pemilu Kepada Kaum Difabel

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber