Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Hindari Penyakit Jantung dengan Konsumsi 5 Makanan Ini
Minggu, 11-08-2019 | 03:10 wib
Oleh :
Surabaya pojokpitu.com, Pola makan dan gaya hidup yang sehat adalah senjata terbaik untuk menghindari penyakit jantung. Demi menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner American Heart Association bahkan menyarankan Anda untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Ada beberapa macam makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan nutrisi di dalamnya tentu saja tidak hanya berguna untuk jantung Anda tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan.

Yuk, intip beberapa makanan sehat di bawah ini yang bisa Anda konsumsi untuk menghindari penyakit jantung.

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Di sisi lain, makanan-makanan ini juga rendah kalori dan kaya serat makanan. Sayuran dan buah bisa memberikan rasa kenyang, tapi juga memberikan manfaat serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan Anda.

Dengan memindahkan alokasi makanan Anda ke sayur dan buah, maka Anda dapat mengurangi porsi makanan yang berasal dari daging, keju, dan snack yang tidak sehat.

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh adalah sumber serat dan nutrisi yang baik dalam mengatur tekanan darah dan kesehatan jantung. Gandum utuh, beras merah atau quinoa dapat menjadi pilihan Anda dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat. Selain itu, hindari makan makanan dengan pemanis yang berlebihan.

3. Ikan kaya omega 3
 
Ikan merupakan sumber protein yang baik. Anda dapat memilih ikan dengan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa contoh ikan dengan kandungan omega 3 adalah ikan salmon, ikan haring dan ikan trout.

Hindari cara memasak ikan dengan digoreng. Anda dapat mengukus atau memanggang ikan untuk mengurangi asupan minyak yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

4. Sumber protein rendah lemak dan makanan rendah garam

Protein penting untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, Anda harus pintar dalam memilih jenis protein yang baik untuk kesehatan. Pilihlah ayam dan ikan tanpa kulit. Pilihlah daging dengan kandungan lemak yang paling rendah, misalkan bagian dada ayam.

Selain kandungan lemak yang rendah, pilihlah makanan dengan garam yang rendah. Untuk menurunkan tekanan darah, usahakan untuk tidak makan lebih dari 2.300 miligram sodium per hari. Mengurangi asupan sodium sampai 1.500 mg per hari disarankan karena dapat menurunkan tekanan darah lebih lanjut.

5. Produk susu rendah lemak

Jika Anda ingin menggunakan produk susu, gunakanlah produk susu dengan kandungan lemak yang rendah. Dengan begitu, Anda akan mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung Anda.

Selain beberapa pilihan makanan di atas, Anda juga perlu memperhatikan berapa banyak kalori yang Anda makan dan minum untuk menjaga berat badan Anda. Asupan makanan dengan kandungan kalori berlebihan bisa menyebabkan peningkatan berat badan yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Selain pola makan yang sehat, tingkatkan jumlah dan intensitas aktivitas fisik Anda untuk membakar lebih banyak kalori. Usahakan setidaknya berolahraga selama 150 menit per minggu dengan melakukan aktivitas fisik intensitas sedang, seperti joging, berlari, dan berenang.

Jadi, menghindari penyakit jantung bisa Anda mulai dari piring makan Anda. Pilihlah beberapa jenis makanan yang disarankan di atas. Kombinasikan pula dengan gaya hidup sehat Anda dengan olahraga teratur untuk mempertahankan berat badan yang ideal, dan mencapai kebugaran fisik yang optimal.(HNS/RVS/klikdokter//jpnn/yos)

Berita Terkait


Penyebab Serangan Jantung di Usia 30-an

Hindari Penyakit Jantung dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Plt Bupati Malang Berikan Bantuan Kepada Silvia

Kondisi Pasien Gagal Jantung Terus Membaik


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber