Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Agustusan 

Hias Kampung Sambut HUT RI , Warga Sulap Sampah Plastik Jadi Bunga Sakura
Sabtu, 10-08-2019 | 21:10 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Menyemarakan HUT ke 74 republik indonesia, sekelompok warga di Tulungagung, memanfaatkan limbah kantong plastik untuk menghias kampung mereka. Limbah yang diambil dari bank sampah desa setempat, disulap menjadi rangkaian bunga sakura yang unik dan menarik.

Kreatifitas warga RT 2 RW 2, Desa Jarakan, Kecamatan Gondang, Tulungagung, dalam memeriahkan ulang tahun kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia ini, patut diapresiasi.

Pembuatan bunga sakura dari bahan kantong plastik bekas ini, dikerjakan beramai-ramai oleh warga wanita. Sampah kantong plastik beraneka warna, yang diambil dari bank sampah desa setempat, dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bunga sakura yang tengah mekar.

Selain dikerjakan secara berkelompok, sebagian warga mengerjakan pembuatan bunga sampah plastik ini dirumah masing-masing. Setelah bunga-bunga tersebut jadi lengkap dengan tangkai kawat, pengurus RT mengumpulkannya untuk kemudian dirangkai.

Oleh warga laki-laki, bunga-bunga sakura tersebut kemudian dirangkai, diikat pada ranting sisa potongan pohon. Rencananya, warga akan membuat sebanyak 50 batang pohon bunga sakura, yang nantinya akan ditempatkan di masing-masing halaman rumah warga.

Menurut pengurus RT, Yudha Bayu Kusuma, biaya untuk menjadikan lingkungan layaknya taman bunga sakura ini tidaklah mahal, pihak RT hanya menganggarkan biaya sebesar Rp 500 ribu untuk pembelian kawat, dan juga semen sebagai pot bunga.

Selain untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan, kegiatan hias lingkungan dengan bunga sakura berbahan limbah ini, juga menjadi proyek percobaan. Warga RT 2 RW 2 Desa Jarakan, mempunyai rencana untuk menjadikan lingkungan mereka, sebagai gang wisata. (yos)

Berita Terkait


Ratusan Warga Bersama Karyawan Bersih Pantai dan Menanam 10 Ribu Pohon

Meriahkan Agustusan Dengan Lomba Tangkap Bebek

Meriahkan HUT RI, Petani Karnaval Dengan Traktor

Meriahkan HUT RI, Denpom Madiun Gelar Berbagai Lomba


Peringati HUT RI dengan Pencak Silat Nusantara dan Drama Jendral Sudirman

Peserta Upacara HUT RI di Lapas Madiun, Berpakaian Adat

Warga Pabian Sumenep Gelar Upacara HUT RI di Sungai

Upacara Kemerdekaan HUT RI ke 74 Digelar Pemkot Malang di Stadion Gajayana

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber