Berita Terbaru :
Diduga Bunuh Diri, Artis Cantik Ditemukan Meninggal Dunia
Standar Ganda Pemkot Surabaya: IBL Ditolak, Turnamen Armuji Diberi Izin
   

Rumah Masa Kecil Bung Karno Tidak Terurus dan Roboh
Tempo Doeloe  Sabtu, 10-08-2019 | 17:28 wib
Reporter : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno ternyata pernah tinggal di Kabupaten Jombang. Namun rumah masa kecil Bung Karno itu kini tinggal pondasi dan sudah roboh. Saat berada di kota santri ini, Soekarno sedang bertugas sebagai mantri guru atau kepala sekolah antara tahun 1901 hingga 1907.

Bekas bangunan yang menjadi bagian sejarah masa kecil bapak proklamator negara Indonesia Soekarno. Rumah yang berada di Desa Rejoagung Kecamatan Ploso Jombang ini menjadi sejarah yang kini sudah mulai menghilang. Hanya pondasi rumah dan sumur yang masih tersisa.
 
Saat kecil Bung Karno bersama ibunya, tinggal di Ploso mengikuti suaminya Raden Soekeni Sosrodihardjo.  Soekeni Sosrodihardjo, ayah Soekarno mendapatkan tugas menjadi mantri guru atau kepala sekolah di wilayah Ploso. Ayah Bung Karno bertugas sebagai mantri di Ploso dari tahun 1901 hingga tahun 1907.
 
Kushartono, juru kunci rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri saat berada di Jombang mengungkapkan, pada masa  kecil Bung Karno memang pernah tinggal di Jombang.

"Berdasarkan penelusuran pihak keluarga besar Bung Karno yang didukung sejumlah literatur, rumah masa kecil Bung Karno berada di desa ini," tutur Kushartono, juru kunci dalem pojok.
 
Kepastian rumah masa kecil Bung Karno ini juga tertuang dalam beberapa buku. Salah satunya buku berjudul Ida Ayu Nyoman Rai Ibu Bangsa yang ditulis 7 guru besar. Buku ini menceritakan keberadaan ibu bapak proklamator negara ini.

Ketua Harian Persada Soekarno Kediri ini menambahkan, keluarga besar Soekarno juga melakukan penelusuran rumah masa kecil Presiden RI pertama itu selama bertahun-tahun.(end)


Berita Terkait

Rumah Masa Kecil Bung Karno Tidak Terurus dan Roboh
Berita Terpopuler
Standar Ganda Pemkot Surabaya: IBL Ditolak, Turnamen Armuji Diberi Izin
Sepak Bola  2 jam



Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber