Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Balap Perahu Fiber
Sabtu, 10-08-2019 | 16:53 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Ajang silaturahmi antar nelayan tradisional, paguyuban nelayan pantai utara di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar lomba balap perahu. Uniknya, dalam lomba ini, peserta saling bermanuver melaju kecepatan untuk menjadi terdepan. Lomba perahu fiber ini menjadi tontonan tersendiri masyarakat pesisir.

Perahu-perahu fiber milik warga pesisir nelayan pantura, di Dusun Brak, Desa Banjar Sari, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menunggu antrian untuk beradu kecepatan, di ajang lomba perahu fiber yang digelar paguyuban nelayan setempat.
 
Sebelum dilombakan, para peserta mayoritas nelayan mempersiapkan parahu untuk dalam perlombaan adu cepat, mulai dari kondisi mesin, cek kemudi dan perahunya.
 
Tak hanya itu, para peserta juga mempersiapkan fisik untuk menjaga kondisi kekuatan melawan arus ombak dan bermanuver saat berbelok di perlintasan cukup tajam.
 
Balap perahu fiber dibagi menjadi 2 kelas, yakni kelas A untuk profesional perahu serta mesin lebih besar dari kelas b, kelas B untuk para pemula.
 
Panitia melepas 5 perahu sekaligus, untuk memutar 3 lap sirkuit yang dibuat panitia perlombaan, tergabung di Asosiasi Nelayan Tradisional Pantai Utara.
 
Berbagai gaya dan manuver ditampilkan para peserta balap perahu untuk menjadi terdepan. Tidak jarang terjadi serempetan saat hampir garis finis.
 
Untuk kelas A dan B, pemenang juara 1 mendapatkan hadiah sepeda angin dan trophy, juara 2 mendapatkan hadiah televisi dan trophy dan juara 3 mendapatkan kompor gas dan trophy.
 
Perlombaan yang seru ini, mengundang masyarakat untuk menonton, baik dari desa setempat, maupun warga dari desa lainnya.
 
Kegiatan balap perahu merupakan rangkaian kegiatan petik laut, agar terhindar dari balak musibah dan berharap berkah untuk hasil panen berikutnya lebih banyak.
 
Ketua Paguyuban Nelayan Desa Banjar Sari mengatakan, lomba balap perahu fiber yang pesertanya semua nelayan, sengaja digelar untuk ajang silaturahmi para nelayan, agar bisa guyub rukun saat mencari nafkah di laut.
 
"Diikuti 200 peserta dibagi kelas A dan B. Semua pesertanya nelayan. Balap perahu fiber sengaja kami gelar untuk ajang silaturahmi antar nelayan," kata Budiman, ketua panitia.

Semoga lomba balap perahu fiber ini, bisa menjadi agenda tahunan untuk destinasi wisata baru di Probolinggo.(end)
 




Berita Terkait


Ratusan Nelayan Ikuti Lomba Balap Perahu Fiber


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber