Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sidak Hewan Kurban, Petugas Temukan Hewan Kurban Tidak Sesuai Syariah Islam Dijual
Sabtu, 10-08-2019 | 15:48 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Bagi anda yang berencana melaksanakan ibadah kurban, maka harus hati-hati membeli sapi atau kambing. Di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ditemukan banyak hewan kurban sakit dan tidak memenuhi syarat kurban. Bahkan beberapa ekor diantaranya cacat, tidak memiliki daun telinga serta bertestis hanya satu.

Menjelang idul adha, banyak muncul pedagang hewan kurban dadakan di wilayah Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Memanfaatkan lahan kosong atau trotoar jalan, pedagang memajang sapi dan kambing dalam lapak. Namun, sebagian besar pedagang kurang memahami hewan kurban yang baik sesuai syariat Islam.

Sehingga Dinas Peternakan Kabupaten Tuban, merasa perlu melakukan sidak untuk memastikan hewan yang dijual layak kurban, sehingga tidak merugikan masyarakat. Petugas memeriksa kondisi hewan secara keseluruhan, mulai fisik, umur, hingga kesehatan hewan.

Dalam pemeriksaan ini petugas menemukan sejumlah hewan belum layak kurban diperdagangkan. Tak hanya faktor umur hewan kurang, tapi juga ditemukan hewan sakit serta mengalami cacat fisik. Diantaranya tidak memiliki daun telinga serta bertestis hanya satu.

Basuki Tjahyono, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Tuban, menerangkan, ironisnya, hewan-hewan ini telah dibayar pembeli. Namun masih dititipkan kepada pedagang hingga hari pelaksanaan kurban tiba.

"Kita menghimbau pedagang mengganti hewan kurban yang telah terjual, agar pembeli tidak dirugikan. Sementara hewan sakit agar diobati sampai sembuh," ucap Basuki Tjahyono.

Pemeriksaan hewan serupa akan terus dilakukan hingga pelaksanaan ibadah kurban. Petugas akan bersikap tegas jika pedagang yang telah diperingatkan tetap membandel. (yos)

Berita Terkait


Idul Adha Menjadi Berkah Penyedia Jasa Giling Daging

Gunakan Daun dan Besek, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu

Hewan Kurban Disembelih Harus Ramah Lingkungan

Ganti Kresek Dengan Daun Pepaya dan Besek Untuk Kurangi Sampah Plastik


Lazismu dan JTV Gelar Pemotongan Hewan Kurban dan Pengobatan Gratis

Petugas Dinas Peternakan Temukan Puluhan Hati dan Paru Hewan Kurban Rusak

50 Dokter Diterjunkan Untuk Periksa Hewan Kurban

Sidak Hewan Kurban, Petugas Temukan Hewan Kurban Tidak Sesuai Syariah Islam Dijual

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber