Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Perajin Besek Bambu Banjir Pesanan Jelang Idul Adha
Sabtu, 10-08-2019 | 08:15 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Sejumlah perajin besek di Magetan, mengaku banyak menerima pesanan jelang idul adha 1440 Hijriyah, hal tersebut merupakan imbas dari himbauan pemerintah agar pendistribusian daging kurban tidak menggunakan kantong plastik.

Seperti yang dirasakan perajin besek di Desa Sedangagung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Dalam sepekan terakhir, mereka mengaku kebanjiran pesanan.

Produksi wadah ramah lingkungan berbahan baku bambu tersebut, meningkat kurang lebih 25 hingga 30 persen, seiring meningkatnya  permintaan besek jelang pelaksaan idul adha.

Salah satu perajin besek, Katmi, mengatakan, biasanya dalam sehari ia bisa membuat 10 tangkep, atau sepuluh pasang besek. "Saat ini saya harus memproduksi 12 hingga 15 pasang besek setiap hari, untuk memenuhi permintaan pelanggan," jelas Katmi.

Satu pasang besek ukuran kecil, biasanya seharga Rp 1. 200. Pemesannya tidak hanya warga Magetan saja, akan tetapi juga dari daerah lain, seperti Ngawi dan Madiun.
Rata-rata mereka memesan besek untuk wadah daging kurban yang akan didistribusikan ke warga.
"Kita sampai kewalahan menerima orderan, karena bahan baku dan tenaga manusia yang terbatas. Apalagi rata-rata pemesananya mendadak," ujar Katmi.

Desa Sendang Agung merupakan salah satu sentra kerajinan bambu, yang mayoritas penduduknya membuat besek. Mulai dari ukuran kecil, sedang, hingga besar, dengan kisaran harga, dari seribu dua ratus hingga 2.500 rupiah perpasang. Sistem penjualannya biasanya diambil langsung oleh tengkulak atau pelanggan.

Berita Terkait


Perajin Besek Bambu Banjir Pesanan Jelang Idul Adha


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber