Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Jadi Tersangka Korupsi Jasmas, Wakil Ketua DPRD Gugat Jaksa
Jum'at, 09-08-2019 | 18:30 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Jadi Tersangka Korupsi Jasmas, Wakil Ketua DPRD Gugat Jaksa
Surabaya pojokpitu.com, Darmawan, wakil ketua DPRD Surabaya yang ditetapkan tersangka kasus korupsi jasmas mengajukan gugatan pra peradilan ke Pengadilan Negeri Surabaya.

Legislator asal partai gerindra ini menggugat penyidik Kejari Tanjung Perak atas penetapan dirinya sebagai tersangka kasus korupsi jasmas.

Sidang gugatan pra peradilan darmawan terhadap penyidik pidana khusus kejari Tanjung Perak digelar di ruang sari 3 Pengadilan Negeri Surabaya, Jumat (9/8) siang. Darmawan yang merupakan wakil ketua DPRD Surabaya diwakili kuasa hukumnya, Abdul Muhni. Sementara Kejari Tanjung Perak diwakili langsung Kasi Pidsus Dimaz Atmadi dan Jaksa Fadhil.

Darmawan yang merupakan legislator partai gerindra ini mengajukan gugatan lantaran tak terima ditetapkan sebagai tersangka korupsi Jasmas.

Selain itu, Darmawan juga mempersoalkan penahanan dirinya. Pasalnya, saat pemanggilan ke kejaksaan, darmawan berstatus saksi, namun menjelang sore hari langsung ditetapkan tersangka dan dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Surabaya Cabang Kejati.

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi, mengatakan pihaknya menghormati upaya hukum yang ditempuh gunawan. Namun Dimaz mengungkapkan hingga saat ini tim penyidik sudah bersikap profesional dan sesuai dengan SOP. Atas gugatan ini, hakim tunggal khusaini akan memutuskan pada senin pekan depan.

Sementara itu, penanganan kasus korupsi jasmas oleh penyidik pidana khusus Kejari Tanjung Perak dipersoalkan praktisi hukum.

Abdul Malik, Ketua Kongres Advokat Indonesia, Jawa Timur, meminta jaksa tak tebang pilih dengan hanya menjebloskan dua anggota DPRD Surabaya,  Darmawan dan Sugito. Jaksa juga harus berani menjebloskan empat anggota DPRD lainnya yang terus mangkir dari panggilan jaksa.

Seperti diberitakan, Kejari Tanjung Perak terus berupaya membongkar korupsi dana hibah Pemkot proyek jasmas. 

Dua anggota DPRD Surabaya, Sugito asal partai hanura dan Darmawan asal partai gerindra sudah dijebloskan ke Rutan Kelas 1 Surabaya Cabang Kejati Jatim.

Namun, 4 orang anggota dprd surabaya lainnya yakni Saiful Aidy asal PAN. Dini Rijanti, asal Partai Demokrat , Binti Rochmah asal Partai Golkar dan Ratih Retnowati asal Partai Demokrat, terus mangkir dari pangilan jaksa. (yos)

Berita Terkait


Ratih, Binti, Dini dan Saiful Aidy Kembali Diperiksa

Perkara Pra Peradilan Tiga Tersangka Korupsi Jasmas Disidangkan

Ratih Retnowati dan Dini Rinjati Menyerahkan Diri ke Kejari Surabaya

Jaksa Tangkap Saiful Aidy di Rumahnya


Kejari Bidik 5 Anggota DPRD Surabaya Kasus Korupsi Jasmas

Tujuh Anggota DPRD Surabaya Disebut Terlibat Korupsi Jasmas

Minggu Ini, Kejaksaan Perak Akan Tetapkan Tersangka Korupsi Jasmas

Kejari Perak Segera Keluarkan Sprindik Tersangka Korupsi Jasmas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber