Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Penghitungan Suara Ulang di Trenggalek Masih Menunggu Surat Resmi KPU-RI
Kamis, 08-08-2019 | 17:00 wib
Oleh : Simon Bagus,Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Proses sengketa hasil pemilu legislatif di Kabupaten Trenggalek tahun 2019 masih menunggu putusan resmi dari pusat, keputusan tersebut diperkirakan akan segera turun karena menurut informasi dari KPU-RI. KPU Trenggalek harus mempersiapkan proses penghitungan ulang empat TPS di dua kelurahan.

Ketua KPU Trenggalek, Gembong Derita Hadi, mengatakan dalam pemilihan serentak tahun 2019 di Trenggalek memang ada gugatan dari peserta pemilu terkait perolehan hasil suara.

"Sedangkan untuk hasil gugatan seperti apa, KPU Trenggalek belum menerima surat secara resmi," ucap Gembong Derita Hadi.

Namun menurut informasi dari KPU-RI, KPU Trenggalek diharuskan untuk melakukan persiapan proses penghitungan suara ulang pada empat TPS yaitu tps 4, TPS 12, TPS 20 Kelurahan Surodakan dan TPS 12 Kelurahan Sumbergedong.

"Sehingga setelah mendapat informasi tersebut, KPU Trenggalek akan menyiapkan secara teknis peroses penghitungan ulang tersebut," ucapnya.

Seperti persiapan tempat yang direncanakan di Aula Hotel Hayam Wuruk, juga persiapan secara teknis mencari siapa yang akan melaksanakan penghitungan suara ulang. Karena PPS, PPK dan KPPS secara resmi sk mereka sudah habis masa berlakunya.

"KPU Trenggalek hingga saat ini masih tetap menunggu secara resmi keputusan MK. Selain itu memang harus ada surat resmi dari KPU RI untuk memberikan kewenangan KPU Trenggalek dalam melakukan penghitungan suara ulang, juga pemilimpahan wewenang tersebut memang masih belum ada," kata Gembong.

Gembong menambahkan, intinya KPU Trenggalek masih menunggu pelimpahan wewenang tersebut, namun KPU Trenggalek telah melakukan rakor bersama staf untuk mempersiapkan proses jika nanti sudah turun SK tersebut dan memutuskan untuk penghitungan suara ulang.

"KPU Trenggalek berencana akan mengadakan penghitungan suara ulang dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019, dengan penghitungan suara seperti proses penghitungan awal dan dilakukan langsung oleh KPU," jelasnya.

Terkait perselisihan hasil pemilu itu adalah putusan MK yang bersifat final dan mengikat. "Apapun hasilnya mau tidak mau harus diterima dan tidak ada lagi gugatan mengenai perselisihan hasil penghitungan ulang suara ini," tutupnya. (yos)

Berita Terkait


Gugatan Ditolak MK, Partai Nasdem Pertimbangkan Laporkan Penyelenggara Pemilu ke DKPP

Penghitungan Suara Ulang di Trenggalek Masih Menunggu Surat Resmi KPU-RI

Sidang Pilpres Panas, Polisi Akan Tindak Perusuh

Plt Bupati Malang Ajak Warganya Terima Putusan MK


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber