Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

Polda Jatim Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penipuan JCH
Kamis, 08-08-2019 | 16:39 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Berita Video : Polda Jatim Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penipuan JCH
Surabaya pojokpitu.com, Pasca pelaporan 59 jamaah calon haji yang merasa tertipu karena gagal berangkat, polisi bergerak cepat melakukan penyidikan, hingga akhirnya menetapkan seorang warga Bangil, Pasuruan sebagai tersangka. Kini tersangka bernama Murtadji sudah dilakukan penahanan.

Penyidikan polisi Direktorat Reserse Kriminal Umum, Polda Jatim atas laporan 59 jamaah calon haji yang merasa menjadi korban penipuan keberangkatan haji, membuahkan hasil. Murtadji Juanidi, selaku terlapor, pengumpul dana itu, kini ditetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan sejak hari Selasa lalu.

"Tersangka Murtadji Junaidi langsung ditahan, karena telah terbukti memberikan janji kepada para jamaah calon haji, yang sebagian besar mendaftar pada tahun 2018, untuk bisa mempercepat keberangkatan hajinya, dari jadwal keberangkatan sebenarnya, yaitu tahun 2040, menjadi berangkat pada tahun 2019, dengan syarat harus membayar sejumlah uang mulai dari Rp 15 juta hingga Rp 25 juta per orang," kata Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kabid Humas Polda Jatim.

"Dari penyidikan polisi, tersangka mengaku ada dua orang yang menyuruhnya untuk merekrut dan mengumplkan dana dari para jamaah calon haji yang ingin dipercepat keberangkatannya. Namun orang yang paling sering disebut dalam pemeriksaan adalah oknum pegawai salah satu kementerian. Saat ini polisi masih menelusuri keterlibatan oknum tersebut," tambahnya. 

Tak tanggung-tanggung, total kerugian para jamaah calon haji ini diperkirakan mencapai Rp 850 juta.

Sebelumnya, pada Ssenin lalu, para korban jamaah calon haji ini, sempat berangkat dari Pasuruan menuju asrama haji, dengan diantar oleh tersangka Murtadji Junaedi. Namun, setibanya di asrama haji, rombongan ini tak diijinkan masuk asrama haji, karena namanya tidak terdaftar dalam kelompok terbang pemberangkatan haji.

Merasa tertipu, para korban langsung melaporkan kejadian itu ke SPKT Polda Jatim.(end)

Berita Terkait


Tersangka Penipuan Percepatan Haji Catut Nama Oknum Kemenag

Polda Jatim Tetapkan Satu Tersangka Kasus Penipuan JCH

Dua Calon Jamaah Haji Korban Penipuan Terdaftar di Kemenag Kabupaten Pasuruan

Warga Melihat Keberangkatan Haji Dari Rumah Murtadji


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber