Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jelang Idul Adha Permintaan Sapi Madura Menurun Dari Tahun Lalu
Kamis, 08-08-2019 | 14:20 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Menjelang idul adha, jumlah pengiriman sapi potong dari pulau madura ke Pulau Jawa, melaui Pelabuhan Kalibuntu Kabupaten Probolinggo Jawa Timur justru menurun dari tahun lalu. Menurunnya permintaan, salah satunya disebabkan di Probolinggo dan tapal kuda belum memasuki musim panen tembakau.

Seminggu jelang hari raya idul adha, lalu lintas pengiriman sapi potong dari pulau madura ke Pulau Jawa, khususnya di pelabuhan bongkar muat hewan di Pelabuhan Kalibuntu, Kraksaan, Probolinggo terlihat ada peningkatan.
 
Bulan-bulan sebelumnya bongkar muat sapi potong hanya terjadi satu hingga dua kali dalam sepekan dengan menggunakan dua kapal motor saja. Namun pada bulan Agustus ini, proses bongkar muat sapi potong meningkat dua kali lipat.
 
Selama ini, sapi potong merah asal Madura biasa diangkut ke Pulau Jawa khususnya Jawa Timur, guna memenuhi tingginya permintaan warga untuk dijadikan hewan korban, sekaligus tingginya permintaan daging di pasaran.
 
Sapi madura dengan postur lebih kecil dan harga lebih murah dibanding sapi jawa pada umumnya, lebih dipilih warga dalam ber kurban.
 
Siapa sangka, meski terjadi peningkatan dalam pengiriman sapi ke Probolinggo, namun justru secara jumlah mengalami penurunan dari pada tahun-tahun sebelumnya.
 
Saat ini pengiriman dalam satu kapal hanya kisaran 30 sampai 40 ekor sapi saja, padahal jelang idul adha tahun lalu mencapai 80 sampai 90 ekor sekali kirim dalam satu kapal.
 
Menurut Slamet Riyadi, paramedik veteriner balai karantina wilayah kalibuntu, menurunnya kuota pengiriman ke Pulau Jawa. "Salah satu penyebabnya karena petani belum melakukan panen tembakau," ucapnya.
 
Rata rata harga sapi lokal mengalami kenaikan Rp 2 juta perekor, dari harga Rp 10 juta menjadi Rp 12 juta, untuk sapi madura kenaikan Rp 1,5 sampai Rp 2 juta. (yos)

Berita Terkait


Idul Adha Menjadi Berkah Penyedia Jasa Giling Daging

Gunakan Daun dan Besek, DeDurian Park akan Ajak Masyarakat Menanam Bambu

Hewan Kurban Disembelih Harus Ramah Lingkungan

Ganti Kresek Dengan Daun Pepaya dan Besek Untuk Kurangi Sampah Plastik


Lazismu dan JTV Gelar Pemotongan Hewan Kurban dan Pengobatan Gratis

Petugas Dinas Peternakan Temukan Puluhan Hati dan Paru Hewan Kurban Rusak

50 Dokter Diterjunkan Untuk Periksa Hewan Kurban

Sidak Hewan Kurban, Petugas Temukan Hewan Kurban Tidak Sesuai Syariah Islam Dijual

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber