Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jatim Luncurkan 4 Aplikasi Untuk Pengembangan Koperasi dan UMKM
Kamis, 08-08-2019 | 09:15 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Jawa Timur meluncurkan 4 aplikasi smartphone untuk pengembangan koperasi dan UMKM, yakni aplikasi Si Jawara , aplikasi OPOP atau One Pesantren One Product, aplikasi Jatim ISO , serta aplikasi Tomiko atau Toko Mitra Koperasi Online.

Peluncuran ini dilakukan Pemprov Jatim pada acara puncak peringatan Hari Koperasi ke 72 tahun, di Convention Hall Grand City Mall Surabaya.

Menurut Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jatim, pihaknya ingin UMKM dan koperasi mengikuti perkembangan sistem digital, karena tren saat ini masyarakat lebih suka berbelanja atau berdagang secara online.

"4 Aplikasi yang terdiri dari Si Jawara atau Sistem Informasi Pembelajaran dan Peningkatan Wawasan Perkoperasian, adalah aplikasi pelatihan yang ditujukan untuk koperasi. Sedangkan OPOP atau One Pesantren One Product , adalah aplikasi pelatihan untuk pesantren dalam mengembangkan enterpreneur. Sementara Jatim ISO adalah market place untuk menjual produk UMKM, serta aplikasi Tomiko atau Toko Mitra Koperasi Online adalah market place untuk menjual produk- produk koperasi," papar Mas Purnomo Hadi - Kepala Dinkop Jatim.

Berdasarkan data jumlah koperasi yang ada di Jawa Timur mencapai 34.354, namun 20 persen diantaranya masuk dalam kategori tidak berkembang. Sedangkan untuk jumlah UMKM di Jawa Timur mencapai 9,7 juta.(end)

Berita Terkait


Jatim Luncurkan 4 Aplikasi Untuk Pengembangan Koperasi dan UMKM

Sasar Kopwan, Dinkop Sosialisasi Pembinaan Koperasi dan UMKM


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber