Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Tradisi Ojung Ritual Minta Hujan
Selasa, 06-08-2019 | 07:30 wib
Oleh : Ahmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Untuk melestarikan budaya nenek moyang yang hampir punah, warga Desa Wonokerto, Lumajang, menggelar tradisi ojung, atau ketangkasan memukul lawan dengan rotan. Selain melestarikan warisan leluhur, tradisi ini juga bertujuan untuk meminta hujan di musim kemarau ini.

Dengan menggunakan sebuah rotan, peserta yang terdiri dari dua orang pun, saling pukul secara bergantian di salah satu sendang di Desa Wonokerto, Kecamatan Qucialit.

Uniknya, peserta tidak diperkenankan memukul secara sembarangan, namun hanya boleh pada bagian punggung saja. Meski terkena pukulan, namun peserta mengaku tidak sakit, karena hilang dengan sendirinya dengan adanya alunan musik tradisional.

Riyadi, peserta tradisi ojung mengatakan, acara ini sengaja digelar dalam rangka bersih desa atau selamatan desa. Tujuannya tak lain adalah, sebagai simbol rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan sang pencipta kepada hambanya. "Selain itu, tradisi ini juga bertujuan sebagai ritual meminta hujan," kata Riyadi.

Meski sudah saling pukul, namun tak ada rasa dendam diantara mereka. Setelah bertanding, mereka pun berjabat tangan dan bersenda gurau. (yos)

Berita Terkait


Tradisi Ojung Ritual Minta Hujan

Bersih Kampung, Kasur dan Tumpeng Hiasi Jalanan Desa Adat Kemiren Banyuwangi

Rebutan Tumpeng Dumbek Warnai Ritual Sedekah Bumi

Kebo-Keboan Boyolangu Banyuwangi Dibanjiriri Penonton


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber