Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Tulungagung Percepat Penetapan APBD Perubahan
Senin, 05-08-2019 | 19:00 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Menjelang akhir masa jabatan, DPRD Kabupaten Tulungagung, mempercepat penetapan APBD perubahan tahun anggaran 2019. Percepatan dilakukan untuk mengantisipasi molornya pengesahan oleh anggota parlemen baru, yang akan dilantik pada akhir Agustus mendatang.

Diakhir masa bakti yang akan berakhir akhir Agustus mendatang, pada Senin (5/8) siang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tulungagung, menggelar rapat paripurna, pengesahan ranperda tentang perubahan APBD 2019.

Rapat dipimpin oleh ketua DPRD Tulungagung, Supriyono, dihadiri sejumlah anggota DPRD, Plt Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo, serta sejumlah pejabat di lingkup pemkab tulungagung.

Setelah melalui pembahasan dan penetapan, dipastikan APBD perubahan tulungagung tahun 2019, akan mengalami kenaikan dibanding APBD induk.

Pada APBD induk pendapatan sebesar Rp 2, 647 triliun, bertambah Rp 11, 1 milyar, menjadi Rp 2, 658 triliun rupiah. Sedangkan untuk anggaran belanja, dari Rp 2, 678 triliun menjadi 3 triliun 8 milyar rupiah atau bertambah Rp 329 miliar rupiah.

Maryoto Bhirowo, plt bupati Tulungagung, mengatakan, kenaikan anggaran belanja, mengakibatkan defisit anggaran meningkat signifikan dari yang semula sebesar Rp 30 miliar menjadi Rp 349 miliar. "Namun defisit anggaran tersebut akan tertutup oleh anggaran pembiayaan yang diproyeksikan mencapai Rp 349 miliar," kata Maryoto Bhirowo.

Menurut salah seorang anggota badan anggaran, Heru Santoso, meski dilakukan lebih awal, namun pengesahan dan penetapan, ranperda apbd perubahan ini sesuai tahapan.

Selanjutnya, hasil rapat paripurna akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Timur, untuk dievaluasi serta pengesahan, agar bisa segera dilaksanakan oleh pemkab tulungagung, pada sisa masa anggaran 2019. (yos)



Berita Terkait


Rendah, Serapan Belanja Langsung Masih 25 Persen

Rapat Paripurna Terakhir, DPRD Sidoarjo Setuju Pembangunan RS Barat dengan Skema APBD

Surabaya Kebut PAK 2019, Target Tuntas Sebelum Purna Tugas

Jelang Akhir Masa Jabatan, DPRD Tulungagung Percepat Penetapan APBD Perubahan


Bupati Gresik Sampaikan Nota PAPBD Karena Ada Pengurangan Anggaran Dari Pusat

Rencana Perpindahan Kantor BNNK Trenggalek Menunggu P-APBD

DPRD Nganjuk Mengaku Temukan Penyelewengan APBD Ratusan Juta Rupiah

Anggaran Pilkades Madiun Sedot APBD Rp 4 Milyar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber