Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Diabetes. Ilustrasi. dok pojokpitu.com
Angin Kencang Hambat Pemadaman Udara Kebakaran Hutan Jatim
Senin, 05-08-2019 | 14:05 wib
Oleh : Feri Maulina
Mojokerto pojokpitu.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur melansir Minggu (4/8), kabut tebal dan angin kencang kerap menghambat operasi pemadaman udara kebakaran hutan di wilayah Jawa Timur.

Saat ini kebakaran hutan terjadi di kawasan sekitar Gunung Arjuno. Minggu pagi operasi padaman dipimpin BPBD Provinsi Jatim.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jatim Suban Wahyudiono, operasi pertama melakukan penanganan kebakaran di wilayah pegunungan Welirang di wilayah Kabupaten Mojokerto. Lokasi kebakaran berdekatan dengan puncak Gunung Arjuno. BPBD mengidentifikasi dan memetakan 7 titik api. "Pembasahan di titik api di puncak Gunung Arjuno di wilayah Kota Batu yang telah dipadamkan sebelumnya," kata Suban Wahyudiono.

Kondisi cuaca menyebabkan helikopter sempat tidak dapat melakukan pemadaman di wilayah Gunung Welirang. Sebab titik api tertutup kabut tebal. Kemudian, helikopter kembali ke lokasi Gunung Welirang setelah kabut tebal terpantau sudah bergeser. Penyiraman di Gunung Welirang dilakukan sebanyak 3 kali. Operasi pemadaman dihentikan pukul 15.00 WIB sesuai rekomendasi dari otoritas penerbangan.

"Penyiraman dengan metode water-bombing masih perlu dilakukan, karena kepulan asap dan bara api masih terpantau di sebagian wilayah Gunung Arjuno dan Gunung Welirang." kata Suban Wahyudiono.

Di samping itu, pendinginan atau  mopping up dilakukan untuk memastikan api padam di wilayah Gunung Arjuno. Sebelumnya teridentifikasi 7 titik api di wilayah tersebut. Wilayah terbakar ini telah mendapatkan pemadaman sebanyak satu kali.

Operasi pemadaman akan kembali digelar pada Selasa (6/8), mengingat kru helikopter harus beristirahat setelah menjalani 7 hari aktifitas penerbangan.

Selanjutnya, pendinginan juga dilakukan di wilayah pegunungan Panderman Kota Batu yang dipetakan terdapat 1 titik api. Pemadaman di wilayah ini dilakukan dengan helikopter yang diterbangkan pada hari yang sama (4/8), pukul 09.00 Wib. (pul)

Berita Terkait


3 Hektar Hutan di Gunung Lawu Terbakar

Lahan Kering Tepi Sungai Bantaran Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Gunung Tembok Jember Terbakar

Polisi Dibantu Warga Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Geger Pagak


KPH Tuban Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan

Meluas, Kebakaran Hutan Panderman Sudah 60 Hektar

Kemarau Sebabkan Bahaya Kebakaran Hutan Bojonegoro

Ratusan Anggota Brimob Disiagakan Atasi Kebakaran Hutan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber