Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Malang Raya 

Kelompok 101 KKN UMM Mengadakan Workshop Kompos di Desa Wonoagung
Senin, 05-08-2019 | 08:12 wib
Oleh : Jefri Siswanda
Malang pojokpitu.com, Kelompok 101 KKN UMM ini mengadakan workshop dengan tema Mewujudkan Desa Berintegritas bersama 35 warga dari 10 dusun sekitar Desa Wonoagung yang berlatar belakang petani dan peternak. Kelompok 101 KKN ini ingin membagi ilmu kepada masyarakat setempat,

Bertempat di Desa Wonoagung, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, kelompok KKN 101 UMM ini , mengundang warga setempat untuk hadir dalam workshop pengolahan sampah, pembuatan kompos dan pengenalan kebun mini tanaman obat keluarga (toga) , yang di hadiri sekitar 35 warga setempat dari 10 di area Desa Wonoagung yang berlatar belakang petani dan peternak .

Kali ini kelompok 101 KKN UMM, yang dibimbing oleh dosen Dwi Ratna Indri H, SH., MH , ingin berbagi ilmu bersama bagi warga Desa Wonoagung, mulai dari bagaimana mengolah sampah untuk bisa di daur ulang , atau bisa dikumpulkan untuk dikumpulkan di bank sampah. Sementara itu,  pemateri untuk penjelasan pengolahan sampah oleh Ibu Yuniawati , dan pembuatan kompos yang lebih cepat.

Oleh Harisudin dan Hendy,  pupuk organik padat dan cair , mulai dari organik padat bahan sayur - sayuran yang terbuang di pasar bisa menjadi bahan , kemudian kotoran hewan ternak 80 persen , limbah tani seperti jagung jerami 10 persen limbah daun kopi sabut kelapa 10 persen  .

Mulai dari mencacah sayuran di potong sampai kecil, yang nantinya dicampur dengan kotoran hewan ternak, dengan tambahan air mineral 1 liter dengan tambahan bahan  bio farm 10 ml. Bio farm yang mengandung mikroba akan mencampur semua bahan agar menjadi pupuk organik yang gembur, difermentasikan selama 7 hari sampai warna berubah menjadi coklat kehitaman.

Untuk pupuk organik cair , air kencing hewan 200 ml , air cucian beras 100 ml , air kelapa 100 ml , air mineral 1 liter . Biofarm 30 ml , lalu di aduk terus setiap 2 hari sekali agar tidak mengendap dan tercampur rata .

"Adanya pengenalan kebun mini yang di buat oleh kelompok KKN 101 UMM yang disebut toga (tanaman obat keluarga) , dari tanaman binahong merah yang segi manfaatnya bisa mengatasi flek hitam , mengatasi jerawat , menurunkan kolestrtol , meredakan asam urat , mempercepat penyembuhan luka , tanaman kumis kucing bermanfaat mengatasi sulit buang air kecil , mengatasi angin masuk," kata Ketua Kelompok KKN 101 UMM, Hendy Vista Asy Arti

Ia menyampaikan ingin berusaha dan mendorong UKM yang kreatif di Desa Wonoagung , kemudian berproses untuk menghasilkan produk yang unggulan, jadi tema yang ada membawa menuju desa wisata berintergritas,  untuk menuju desa wisata pengunjung butuh kenyamanan , dari sini mendorong untuk menjadi desa bersih .

Ia menyampaikan bahwa adanya worhsop ini membawa lingkungan desa Wonoagung menjadi bersih , dari warga maupun masyarakat setempat , supaya sampah maupun pupuk tidak usah dibeli , melainkan membuat sendiri dari pembelajaran kegiatan ini .(end)

Berita Terkait


PT. KAI Sosialisasikan Keselamatan Berlalulintas di Rel Tanpa Palang Pintu

Tekan Angka Kecelakaan Kereta Api, PT Kai Daops IX Sosialisasi di Perlintasan

Kenali Serba Serbi Pemadam Kebakaran dengan Tour si Jago Merah

Kelompok 101 KKN UMM Mengadakan Workshop Kompos di Desa Wonoagung


BPJS Sosialisasikan Progam Bagi 28 Kecamatan Bojonegoro

Minimnya Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Luar Ruang, Balai Bahasa Gerakan Sosialisasi

Sosialisasi Bahasa Daerah di Luar Ruang Kepada Warga Kediri

Kepala Desa Dari Dua Kabupaten Tertinggi Sengketa Informasi Ikuti Sosialisasi Keterbukaan Publik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber