Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jelang Peringatan Dirgahayu RI, Produsen Bendera dan Umbul-Umbul Kebanjiran Order
Minggu, 04-08-2019 | 05:30 wib
Oleh : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Di setiap peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, seluruh warga negara Indonesia menyambutnya dengan penuh suka cita. Selain bersih bersih kampung, warga juga menghias setiap sudut lingkungan tempat tinggal mereka dengan beragam umbul umbul dan lampu warna warni serta bendera merah putih.

Bagi perajin bendera, momen seperti ini menjadi lahan mereka untuk mengais rejeki. Salah satu pengrajin bendera merah putih di Kota Malang, menjelang peringatan HUT RI ke - 74, dirinya mengaku kwalahan dan kebanjiran order bendera maupun umbul-umbul merah putih.

Seperti di Kelurahan Buring, Kecamatan Kedung Kandang, Kota Malang, setiap hari sejak awal bulan Mei warganya sibuk menyelesaikan pesanan bendera dan umbul-umbul, yang biasa menjadi hiasan utama mempercantik tampilan kampung di peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini.

Menurut salah satu produsen bendera dan umbul-umbul, Muhammad Zainal, menyatakan pihaknya sudah kebanjiran pesanan sejak bulan Mei lalu. Dengan dibantu 6 orang pekerjanya, Zainal menjahit bendera dan umbul-umbul dalam berbagai bentuk dan ukuran mulai dari ukuran mini hingga panjang 5 meter.

Sementara itu, untuk trend pemesanan umbul-umbul tahun ini, yakni bendera merah putih dengan corak logo garuda. Lebih jauh lagi, usaha musiman zaenal yang masih aktif sebagai anggota TNI angkatan darat ini , mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah hingga puluhan juta rupiah. "Dengan omset pada tahun ini meningkat sebesar, 20 persen dibanding tahun lalu," ujar Muhammad Zainal.

Ia menambahkan, puncak permintaan bendera dan umbul-umbul produksinya biasanya terjadi pada 10 hari pertama bulan Agustus dan akan kembali mengalami penurunan pada pertengahan hingga akhir bulan Agustus. (yos)

Berita Terkait


Jelang Peringatan Dirgahayu RI, Produsen Bendera dan Umbul-Umbul Kebanjiran Order

Sambut HUT RI Ke 74, Tentara Amerika Jajal Lomba Balap Karung dan Balap Bakiak

Sambut Kemerdekaan Pemuda Hias Kampung Dengan Nuansa Merah Putih

Peringati HUT Kemerdekaan RI ke - 72, Warga Gelar Parade Gajah-Gajahan


13 Napi Merdeka Usai Terima Remisi HUT Kemerdekaan RI

369 Napi Diusulkan Terima Remisi HUT Kemerdekaan RI

Peringati HUT Kemerdekaan, Anjal Ikuti Stand Up Comedy dan Musik Jalanan

Peringati HUT Kemerdekaan RI Ke 73, Ratusan Santri Ikuti Lomba Baca Kitab Kuning

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber