Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Upaya Pelestarian Kesenian Kentrung
Minggu, 04-08-2019 | 00:18 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Sebagai upaya untuk melestarikan kesenian tradisional, pasangan seniman di Tulungagung, mengadakan program beasiswa kentrung. Dengan berbagai inovasi dalam kentrung kreasi yang diajarkan, membuat semakin banyak generasi milenial, yang tertarik untuk kembali mengenal dan mempelajari seni bertutur ini.

Di sanggar seni gedhang godhog, yang berada di Dusun Ngingas, Desa Campurdarat, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung, inilah, kejayaan kesenian kentrung coba dibangkitkan kembali.

Dibawah asuhan pasangan seniman, Yayak Priasmara dan Cahyaning Tyas, puluhan anak-anak tampak begitu antusias, mengikuti program beasiswa kentrung secara gratis.

Dalam waktu satu bulan terakhir, peserta beasiswa yang terdiri dari anak-anak berbagai usia, mulai SD hingga sma ini, dikenalkan dengan kesenian kentrung.

Mereka diajari dan dilatih sesuai bakat dan minat masing-masing, mulai dari bernyanyi, membuat parikan, teknik akting, hingga teknik mendongeng yang baik untuk pertunjukkan kentrung.

Seni tradisi yang dikemas penuh kreasi, dan dikolaborasikan dengan seni pertunjukkan modern, membuat kesenian kentrung khas sanggar seni gedhang godhog ini, menjadi lebih menarik bagi generasi milenial.

Mereka yang sebelumnya tidak mengenal seni kentrung, dengan mengikuti kegiatan ini tumbuh rasa memiliki dan berharap bisa mengembangkan seni bertutur ini.

Menurut Yayak Priasmara, pengasuh sanggar, menjelaskan, dari tahun ke tahun peminat kesenian kentrung dari generasi milenial di tulungagung terus tumbuh.

"Dalam program beasiswa kentrung kali kedua di sanggarnya ini, jumlah peserta meningkat signifikan. Jika pada tahun pertama tahun 2018 lalu hanya diikuti 20 peserta, ditahun 2019 ini pesertanya mencapai 53 anak," kata Yayak Priasmara.

Dengan makin banyaknya generasi muda yang tertarik dengan kesenian kentrung, diharapkan seni bertutur yang sarat dengan petuah luhur ini, tetap lestari dan bisa mengulang kembali masa kejayaannya. (yos)

Berita Terkait


Upaya Pelestarian Kesenian Kentrung


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber