Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Survey Penyelamatan Situs Petirtaan Berakhir
Sabtu, 03-08-2019 | 17:15 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, Sabtu (3/8) ini menuntaskan survey penyelamatan di situs sumber air bawah di Jombang. Hasilnya diperkirakan bangunan petirtaan ini merupakan peninggalan era majapahit.

Selain menemukan jaladwara atau pancuran air kepala naga, petugas juga menemukan sejumlah tembikar dari struktur bangunan kuno tersebut.

Selama lima hari tim arkeolog menemukan sejumlah petunjuk dan perkiraan ukuran bangunan. Situs petirtaan ini diperkirakan memiliki ukuran barat ke timur  bangunan sepanjang 18 meter dan utara ke selatan kemungkinan  24 meter. Ditengah ditemukan bangunan berbentuk persegi yang menjadi pusat petirtaan ini.
 
Wicaksono Dwi Nugrogo, arkeolog BPCP Jatim, mengatakan, disejumlah bangunan tembok juga ditemukan saluran air untuk aliran air yang di pancurkan melalui jaladwara. "Sebelumnya petugas  menemukan jaladwara atau pancuran berbentuk kepala naga.  Sejumlah pecahan tembikar kuno juga banyak dijumpai di sekitar lokasi," kata Wicaksono Dwi Nugroho.
 
Rencananya setelah survey penyelamatan ini ditutup, tim BPCP Jatim akan melaporkan ke pihak terkait, termasuk Pemerintah Kabupaten Jombang.

Dari hasil laporan akan ditentukan langkah berikut untuk dilakukan eskavasi guna mengetahui seluruh struktur bangunan peninggalan majapahit tersebut.

Perkiraan tim petirtaan ini masih berkait dengan temuan situs batubata di kawasan Dusun Kedaton Desa Bulurejo Diwek dan Desa Sugihwaras Kecamatan Ngoro Jombang. (yos)
 

Berita Terkait


Temuan Situs di Sedati Sidoarjo Diperkirakan Abad ke 12 Sebelum Majapahit Akan Dieskavasi

Situs Rumah Bangsawan Ditemukan Warga

BPCB Trowulan Lakukan Ekskavasi Temuan Struktur Bata di Dusun Pendem Batu

Terjunkan Tim Peneliti Periksa Kondisi Bawah Situs Sumberbeji


Warga Gelar Genduri, Sebelum Eskavasi Situs Penemuan Candi

Situs Ndalem Pojok, Tempat Soekarno Masa Kecil

Hacker Retas Situs Pemkab Madiun

Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber