Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Madiun Diguncang Gempa Sebanyak 19 Kali Mulai Dari 2,5 Hingga 3.4 Magnitudo
Sabtu, 03-08-2019 | 16:14 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Gempa sebanyak 19 guncang wilayah madiun, tepatnya pusat gempa berada di 8 KM barat daya Kabupaten Madiun dengan kedalaman 5 KM. BPBD Kabupaten Madiun, langsung melakukan pengecekan. Dari hasil survei titik pusat gempa, tim TRS setempat tidak menemukan adanya kerusakan bangunan dan kerugian materil lainya.

Rentenan gempa berskala kecil terjadi hingga 19 kali di wilayah Kabupaten Madiun dan sekitarnya selama kurun waktu 5 jam terakhir. Skala gempa Madiun mulai dari 2,5 hingga 3.4 magnitudo. 

Sejumlah tim reaksi cepat diterjunkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun, guna mendeteksi titik pusat gempa. Dari hasil survey titik gempa, petugas tidak menemukan adanya kerusakan atau hiruk pikuk warga sekitar.

Dari data BMKG, gempa pertama terjadi pada pukul 05.56 WIB dengan kekuatan 2,8 magnitudo, pusat gempa berada di 8 KM barat daya Kabupaten Madiun dengan kedalaman 5 km atau tepatnya di sekitar Desa Brumbun Kecamatan Wungu.

Sedangkan gempa terbesar terjadi dengan kekuatan gempa 3,4 magnitudo. Sementara itu gempa ke-19 terjadi pukul 10.07 wib dengan kekuatan getaran 2,9 magnitudo.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kabupaten Madiun, Supriyanto, menjelaskan, pihaknya sudah menerjukan tim reaksi cepat untuk melakukan peninjauan ke titik gempa.

"Namun dari hasil peninjauan tak banyak dari warga yang merasakan guncangan tersebut . Hingga saat ini kondisi masyarakat Kabupaten Madiun masih tenang dan karena guncangan tidak terlalu dirasakan," kata  Supriyanto.

Diimbau kepada masyarakat Kabupaten Madiun, agar tetap tenang  tidak terlalu panik dan khawatir. Meski demikian, tim dari BPBD di tempatkan di sejumlah titik wilayah lereng wilis untuk bersiaga. (yos)

Berita Terkait


Waspada, Sesar Grindulu Terindikasi Aktif

BPBD Tuban Tegaskan Tak Ada Kerusakan Akibat Gempa

Warga Pesisir Utara Tuban Tak Merasakan Gempa

Gempa Guncang Perairan Utara Tuban


Madiun Diguncang Gempa Sebanyak 19 Kali Mulai Dari 2,5 Hingga 3.4 Magnitudo

Tabrak Belakang di Tol Gempas, 2 Orang Tewas Seketika

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Gempa Tremor Hingga Hujan Abu

Getaran Gempa Nusa Dua Bali Terjadi di 13 Daerah di Jatim

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber