Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kemarau Berkepanjangan Embung Mengering, Warga Harus Mencari Air Bersih Ke Desa Lain
Sabtu, 03-08-2019 | 03:08 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Selama 4 bulan ini, musim kemarau dirasakan warga di Kabupaten Probolinggo. Akibat kemarau ada 7 embung atau tempat penampungan air hujan yang debit airnya terus menyusut, bahkan satu embung mengering tak ada air sedikitpun. Demi mendapatkan air warga rela mencari ke desa lain yang berjarak 500 meter hingga 2 kilom meter.

Musim kemarau panjang, sejumlah embung, tempat penampungan air hujan mengalami kekeringan, salah satunya embung curah bindo, Desa Gunung Tugel, Kecamatan Bantaran, Probolinggo.

Akibatnya belum turunnya hujan, membuat embung ini kering tanpa ada air sama sekali, padahal embung tersebut merupakan sumber air untuk warga di 5 desa, di kecamatan bantaran.

Keringnya embung, membuat warga di 2 desa gunung tugel dan tigasan wetan, harus rela mencari ke desa lain yang berjarak 500 meter sampai 2 kilometer, hanya untuk mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup.

Sudah 4 bulan semenjak musim kemarau, kekeringan embung dirasakan warga terakhir embung ini masih ada airnya sebelum bulan ramadhan lalu.
Menurut Mulyadi, sejak usai dibangun embung ini kering saat musim kemarau.
kondisi embung yang kering ini, membuat warga desa setempat, memanfaatkan untuk area lapangan sepak bola. sebagian lagi ditanami dan kacang tanah.

Untungnya, di desa ini sudah ada beberapa sumur bor yang bangun pemerintah, meski jaraknya masih jauh dari rumah masing-masing. setiap hari, warga harus mengambil air 3 sampai 5 kali.

Sutisin, salah satu warga ini misalnya, setiap bulan dia harus membayar iuran Rp 15 ribu, untuk membayar listrik sumur bor.

Saat ini, sedangkan 6 embung lainnya, di Kabupaten Probolinggo, kondisinya sangat memprihatinkan dimana debit air terus menyusut. (yos)

Berita Terkait


Memasuki Musim Pancaroba, 66 Desa di Trenggalek Masih Alami Kekeringan

Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

Warga Kabupaten Jember Kesulitan Air Bersih

Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering


Distribusi Air Bersih Untuk Warga Terdampak Kekeringan Terus Dilakukan

Ratusan Hektar Sawah Kekeringan, Petani Mengadu ke DPRD

Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber