Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan
Jum'at, 02-08-2019 | 23:15 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Memperdayakan pemuda pegangguran, pengrajin hiasan dinding di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, banyak diminati. Hiasan dinding dan gantungan kunci berbahan kayu milik Hengki beromset Rp 20 juta perbulannya.

Kerajinan unik ini diproduksi dari bahan baku mentah, hingga jadi dan dikirim ke luar negeri melalui pihak pembeli di Pulau Dewata Bali.

Berbahan potongan kayu limbah jenis suar, banyak diproduksi menjadi sebuah kerajinan oleh warga Kecamatan Panarukan Situbondo. Salah satunya adalah Hengki, pengrajin yang memproduksi surving, telapak kaki dan berbagai jenis hiasan dinding.

Pria berusia 41 tahun ini menggeluti usaha kerajinan pada tahun 1992 lalu. "Usaha yang dirintis oleh keluarga ini telah memperkerjakan 7 pemuda sekitar untuk memproduksi kerajinan tangan," ujar Hengki.

Proses pembutan kerajinan dilakukan mengunakan alat yang bisa di bilang masih sederhana. Mesin alat potong kayu, pencetakan, hingga pengecetan dilakukan mulah dari bahan mentah hingga kerajinan siap jual.

Hasil kerajinan milik hengki di minati oleh pembeli asal Pulau Dewata Bali. Bahkan melalaui pembeli di Bali, kerajian tersebut kemuadin di pasarkan lagi hingga ke keluar negeri. "Omset perbulan mencapai Rp 15 hingga Rp 20 juta hasil memproduksi kerajinan tersebut," kata Hengki.

Dalam seminggu, para pekerja memproduksi kerajinan tersebut menerima honor Rp 700 ribu per orang. Seiring permintaan yang terus meingkat, pengrajin di Kecamatan Panarukan ini akan mensejahterakan para pengagguran di desa setempat. (yos)

Berita Terkait


Dekranasda Jatim Buka Pasar Kerajinan ke Eropa

Warga Binaan Lapas Jombang Produksi Tas Rajut

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia


Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia

Begini Cara Membuat Kerajinan Odheng Khas Madura

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber