Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Pemkab Jombang Siapkan Rp 2 Miliar Tangani Korban Kekeringan
Jum'at, 02-08-2019 | 03:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Pemerintah Kabupaten Jombang, menyiapkan anggaran Rp 2 miliar lebih untuk mengatasi dampak kekeringan, musibah kekeringan ini diprediksi mengancam warga di 10 desa yang tersebar di 6 kecamatan. Sebanyak 1500 kepala keluarga atau 5.177 jiwa, kini mulai krisis air bersih yang diprediksi akan memasuki puncaknya Agustus,September ini.

Seperti aktifitas warga di Dusun Banyuasin Desa Kromong Kecamatan Ngusikan, memanfaatkan sisa air bersih di sebuah sumur di luar perkampungan. Sumur ini menjadi andalan warga, dikarenakan air sumur bor yang baru dibangun pemerintah belum maksimal.

Untuk kebutuhan konsumsi seperti memasak dan minum warga tetap menggunakan air sumur lama, resikonya mereka harus  harus menempuh jarak sekitar 1 kilometer karena lokasi sumur berada di tepian hutan. Selain krisis air bersih, kemarau juga mengancam kawasan pertanian karena banyaknya waduk yang kering.

Abdul Wahab, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Jombang, mengatakan, ada 10 desa yang tercatat masuk dalam kategori memiliki kerawanan  kebutuhan air bersih. "Sepuluh desa ini tersebar di 6 kecamatan," kata Abdul Wahab.

Tercatat ada 1500 kepala keluarga dengan jumlah 5.177 jiwa. Pemerintah saat ini sudah menyiapkan sejumlah langkah termasuk anggaran. "Dari Pemkab Jombang sendiri disiapkan Rp 2 miliar, belum lagi tambahan anggaran yang sudah disiapkan Pemprov Jawa Timur," kata Abdul Wahab.

Untuk meringankan beban warga, BPBD kini tengah mempersiapkan bantuan air bersih kepada desa-desa yang mengalami krisis air bersih. "Termasuk personil dan armada juga sudah disiapkan untuk mengurangi dampak kekeringan semakin meluas," ujar Abdul Wahab. (yos)

Berita Terkait


Wah Gawat, 4 Ribu Warga Magetan Krisis Air Bersih

Meski Anggaran Besar, BPBD Sampang Belum Memaksimalkan Bantuan Air Bersih

BPBD Jatim Rencanakan Hujan Buatan di Ngawi

Musim Kemarau, Air Embung di Pasuruan Mulai Menyusut


Harga Air Bersih Mahal, Polres Ngawi Bantu Korban Kekeringan

Dampak Musim Kemarau 101 Hektare Sawah Kekeringan

Pemkab Jombang Siapkan Rp 2 Miliar Tangani Korban Kekeringan

Raker Bahas Kebakaran Hutan dan Kekeringan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber