Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Ditemukan Pancuran Patung Batu Kepala Naga
Kamis, 01-08-2019 | 18:36 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Upaya Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, untuk melakukan survey penyelamatan situs di Jombang, mulai menemukan titik terang. Dalam proses hari kelima ini, petugas menemukan pancuran air berbentuk kepala naga. Temuan ini semakin menguatkan struktur bata situs sumber air bawah adalah bekas petirtaan masa majapahit.

Survey penyelamatan yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur di pemandian dusun Sumberbeji  Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Jombang, menemukan batu berbentuk kepala naga. Batu ini ditemukan tertempel di salah satu struktur bata yang menjadi saluran sumber air bawah.

Batu berbentuk kepala naga ini merupakan jaladwara atau pancuran air pemandian zaman majapahit. Diperkirakan batu berbentuk kepala naga ini jumlahnya lebih dari satu.

Selain itu, petugas juga menemukan ukuran panjang struktur bangunan diperkirakan mencapai 24 meter, tinggal panjangnya yang saat ini masih di cari petugas.

Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB Jatim, mengatakan, temuan ini semakin menguatkan jika petilasan ini adalah bentuk pentirtaan atau kolam pemandian zaman majapahit. "Dari bentuk jaladwara berupa kepala naga ini menyerupai simbol air suci atau lebih tepatnya lokasi ini mirip tempat penyucian diri," ujar Wicaksono Dwi Nugroho.

Survei penyelamatan situs ini diagendakan akan berlangsung selama lima hari, setelah masa itu selesai tim akan membuat laporan untuk rekomendasi penanganan selanjutnya.

Situs sumber air bawah ini ditemukan warga satu bulan lalu, warga menemukan struktur bangunan bata zaman majapahit yang diduga saluran air. Dari saluran ini terus mengalir air jernih yang tidak pernah berhenti. (yos)

Berita Terkait


Warga Kembali Temukan Batu Berelief Perempuan di Kompleks Percandian Gedog

Batu Mirip Arca Berbentuk Kepala Raksasa Ditemukan Warga Kota Blitar

Situs Kuno Peninggalan Mojopahit Ditemukan di Samping Rumah Warga

Ditemukan Pancuran Patung Batu Kepala Naga


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber