Berita Terbaru :
Enam Sekolah SMKN di Lamongan Tak Penuhi Pagu
Sekda Gerah Usut Kutu di Program BPNT
DPRD Jatim Dorong Tambahan Insentif Nakes
   

Antisipasi Hewan Tidak Layak Qurban, Petugas Sidak Pasar Hewan
Peristiwa  Rabu, 31-07-2019 | 16:55 wib
Reporter : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Untuk mengantisipasi peredaran hewan ternak yang tidak layak konsumsi, menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha ini, Dinas Petrenakan dan Kesehatan Hewan, Tulungagung, mulai melakukan sidak pasar hewan. Pemeriksaan dilakukan meliputi kesehatan fisik, serta umur sapi dan kambing yang diperjualbelikan.

Satu pekan menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak dan Keswan) Tulungagung, mulai melakukan sidak hewan qurban ke sejumlah pasar hewan. Hal ini dilakukan untuk antisipasi, adanya oknum pedagang nakal, yang memperjualbelikan hewan yang tidak layak untuk dipakai sebagai hewan kurban.

Sejumlah petugas kesehatan hewan pada Rabu siang, mendatangi pasar hewan di Desa Beji, Kecamatan Boyolangu. Dengan teliti, petugas memeriksa sejumlah hewan ternak sapi dan kambing, yang dijual untuk hewan qurban . Pemeriksaan hewan ternak ini, meliputi gigi, yang dapat menunjukkan umur hewan ternak, kesehatan tubuh, mata, telinga, dan alat kelamin, yang menjadi syarat sahnya hewan qurban .

"Dalam sidak yang dilakukan kali ini, petugas menemukan sejumlah hewan ternak yang terjangkit penyakit scabies, yakni sebuah penyakit kulit pada ternak yang sering dijumpai pada area sekitar mata. Hewan ternak yang terserang penyakit kulit seperti ini, tidak berbahaya dan dagingnya aman untuk dikonsumsi," tutur drh. Tutus Sumaryani, petugas Dinas Peternakan Tulungagung.

Berdasarkan data Disnak dan Keswan Tulungagung, persediaan hewan kurban tahun 2019 ini tercatat, sapi sebanyak 10.902 ekor, dan kambing sebanyak 20.103 ekor. Jumlah pemotongan hewan kurban diprediksi akan meningkat sekitar 10 persen dibanding tahun lalu. Pada Idul Adha tahun 2018, jumlah pemotongan hewan kurban sapi tercatat sebanyak 1.693 ekor, dan kambing sebanyak 16.575 ekor.(end)

Berita Terkait

Antisipasi Hewan Tidak Layak Qurban, Petugas Sidak Pasar Hewan

Harga Hewan Qurban Naik

Walikota Mojokerto Pastikan Hewan Qurban Sehat dan Layak Untuk Konsumsi

Petugas Temukan Beberapa Hewan Qurban Terjangkit Penyakit Mata
Berita Terpopuler
DPRD Jatim Dorong Tambahan Insentif Nakes
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Orangtua Protes PPDB SMP Zonasi
Pojok Pitu

Audiensi Dengan IDI, Risma Nangis dan Bersujud
Pojok Pitu

Di Palau Ini Dihasilkan Kepiting Jumbo dan Rumput Laut Berkuwalitas
Jatim Awan

Wisata Bahari Snorkling Pulau Gili Ketapang Siap Dibuka Dengan Protokol Kesehata...selanjutnya
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber