Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Ubaya dan Unair Buka Peluang Kawinkan Gelar LIMA Basketball EJC 2019
Rabu, 31-07-2019 | 12:17 wib
Oleh :
Malang pojokpitu.com, Tim basket putra dan putri Universitas Surabaya (Ubaya) berpeluang mengawinkan gelar juara LIMA Basketball: McDonalds East Java Conference Season 7.

Mereka berhasil melaju ke final setelah menekuk lawan-lawannya pada semifinal di Sport Center UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Selasa (30/7).

Ubaya mengawali keberhasilan tersebut dari sektor putri yang menekuk  Politeknik Negeri Malang (Polinema) dengan skor 78-25.

Meski menang telak, tak berarti tim putri bisa menang dengan mudah. Polinema memberikan perlawanan ketat.

Ubaya mencetak dua poin terlebih dahulu di menit awal lewat tembakan Christine Aldora Tjundawan.

Polinema menyusul dengan three-point yang dilesatkan Lydia Maulida Zahra. Kuarter pertama berakhir dengan keunggulan Ubaya dengan skor 23-6.

Di kuarter kedua, Polinema berhasil menambah poin lewat lemparan bebas yang mereka peroleh dari pelanggaran lawannya.
Polinema tetap berusaha memberikan perlawanan. Namun, keunggulan Ubaya bertahan hingga laga usai. Pertandingan ini berakhir dengan kemenangan Ubaya di skor 78-25.

Dengan hasil tersebut, Ubaya, yang sudah lima kali meraih gelar LIMA Basketball: McDonalds East Java Conference akan menuju ke babak final .

"Kami tetap optimistis dan berusaha untuk menjadi yang terbaik. Kami tidak pernah mencanangkan target. Kami justru ingin para pemain dapat bermain dengan santai dan menikmati permainan. Kalau cara bermain sudah santai, kemenangan pasti akan datang," kata asisten pelatih Ubaya Sapto Wahyu Purnomo.

Sementara itu, pelatih Polinema, Eddy Santoso berpendapat timnya memiliki peluang untuk meraih peringkat ketiga.

"Namun, saya tidak membebankan para pemain. Yang terpenting adalah para pemain berusaha semampu mereka. Mereka masih berproses. Saya berterima kasih kepada para pemain karena sudah mau berusaha dengan maksimal hingga saat ini." ujarnya.

Di sisi lain, kemenangan tim putra Ubaya atas Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tak lepas dari sumbangan poin dominan dan dua andalan mereka  Christopher Jason Winata dan Very Kurniawan.

Dari 83 poin yang dicetak Ubaya, Christopher menyumbang 15 angka dengan efisiensi 27.

Dia juga melakukan rebound sebanyak 15 kali. Very mencetak 13 poin dengan efisiensi 23. Pemain bernomor punggung sembilan tersebut melakukan 13 kali rebound.

Ubaya mengawali keunggulan lewat lay-up Habib Titoaji. Di menit kedua, UMM menyusul lewat lemparan Ryan Chandler Kusworo.

UMM terus menekan Ubaya lewat penetrasi ke dalam pertahanan lawannya. Namun, Habib dkk terus memperlebar jarak keunggulan hingga kemenangan berada di tangan mereka. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Ubaya di skor 83-46.

"Kami tidak mau kecolongan seperti pertandingan di babak penyisihan. Karena itu, kami memperbaiki pertahanan dan tidak memberikan kesempatan kepada lawan untuk mencuri poin. Para pemain juga sudah menunjukkan kemajuan. Di final kami akan berusaha untuk menjadi juara," ujar pelatih Sapto Wahyu Purnomo.

Sementara itu, Nur Cahyo selaku pelatih UMM mengaku sudah memprediksi hasil pertandingan.

"Dari segi persiapan dan pemain, mereka memang di atas kami. Harapan saya ingin memenangi pertandingan perebutan peringkat ketiga. Namun, saya tidak mau para pemain terbebani. Saya hanya ingin mereka bermain dengan lepas," katanya.

Di partai final Rabu (31/7),  putri Ubaya akan ditantang Universitas Airlangga  (Unair) yang di pertandingan lain menang atas Universitas Negeri Malang dengan skor 82-23.

Sementara itu, tim putra juga bersua Unair yang di laga mereka sukses mengandakan perlawanan tim Universitas Brawijaya Malang dengan skor 66-47. (jos/jpnn/pul)

Berita Terkait


Tim Putra Unair Jawara Lima Basket Wilayah Jatim 2019

Ubaya dan Unair Buka Peluang Kawinkan Gelar LIMA Basketball EJC 2019

Tim Basket Jatim Sempurna di Pra PON Papua

Naturalisasi Maxie Esho Sedang Proses, Timnas Basket Butuh Big Man


Piala Walikota Dalam Pantauan Pelatih Timnas Basket Sea Games

Final Kompetisi Basket Ajang Pemilihan Tim Basket Porprov Surabaya

303 Pebasket Pelajar Berburu Tiket Emas Ke Amerika Serikat

Persiapan Asian Games 2018, Tim Basket Indonesia Gelar seleksi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber