Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Raker Bahas Kebakaran Hutan dan Kekeringan
Selasa, 30-07-2019 | 18:00 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Kementrian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayan, Selasa (30/7) mengelar rapat kordinasi terkait kekeringan akibat kemaru dan kebakaran hutan. Salah satu poin yang menjadi perhatian adalah kebakaran yang menimpa hutan Gunung Arjono di Malang, Jawa Timur.

Poin yang dibahas dalam rapat kordinasi tersebut adalah kekeringan dan kebakaran hutan yang dihadiri oleh BNPB, BMKG dan BPPT. Dalam keterangan persenya, pemeriantah  pusat terus melakukan pemantau terhadap bencana bencana kekeringan dan kebakaran hutan.
 
Dody Usodo Hargo Suseno, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian PMK, mengatakan, sejauh ini pemerintah pusat belum diminta dari BPBD setempat untuk diminta melakukan pemadaman kawasan hutan Gunung Arjuno di kawasan Malang Jawa Timur.

"Meski penanganan dilakukan secara manual oleh BPBD dan angota Tni setempat.  Jika BPBD setempat tidak mampu, pemerintah pusat dalam hal ini BNPB akan mengabil alih untuk melkukan penanganan," kata Dody Usodo.
 
Pemerintah memprediksi musim kemarau tahun ini bakal mengakibatkan 48.491.666 jiwa terancam kekeringan di 28 provinsi. kemarau tahun ini lebih kering dari 2018 lalu.

Ir. Dodo Gunawan, Dea, Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim, menuturkan, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),  musim kemarau yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia terjadi mulai Juli sampai Oktober 2019. "Hal itu terjadinya dampak elnino yang lemah yang mengakibatkan hujan ringan," ujar Ir. Dodo Gunawan.
 
Wilayah yang sudah mengalami kekeringan di antaranya pesisir selatan Pulau Jawa. Ancaman kekeringan pada musim kemarau tahun ini, akan melanda sedikitnya 28 provinsi dengan luas wilayah 11.774.437 ha dan ini masyarakat yang akan terpapar dari luasan itu adalah 48.491.666 jiwa. (yos)

Berita Terkait


Hutan Gunung Wilis Kembali Terbakar

KLHK Siapkan Jerat Berlapis untuk 2 Perusahaan Pelaku Karhutla di Riau

Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Hutan Terkendala Medan

Sekitar 30 Hektar Lahan Perhutani dan Warga Situbondo Terbakar


Kebakaran Hutan Penanjakan Ginung Bromo Terkendali, Resort TNBS Hentikan Pemadaman Sementara

Ada Kebakaran Hutan Semeru, Jalur Pendakian Terpaksa Ditutup

Polhut dan Warga Simulasikan Pemadaman Kebakaran Hutan

Polisi Dibantu Warga Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Geger Pagak

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber