Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Benda benda itu berbentuk batu prasasti dan lingga yoni. Diduga batu-batu itu berasal dari Kerajaan Medang pasca Bedah Kartosuro. Foto Tova
Batu Prasasti dan Yoni Desa Metesih Ditemukan di Kebun
Selasa, 30-07-2019 | 15:07 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Sebuah benda bersejarah peninggalan zaman purbakala ditemukan di sebuah areal kebun warga Desa Metesih Jiwan Kabupaten Madiun.

Warga menemukan benda bersejarah yang diduga merupakan benda purbakala di areal kebun dan pekarangan. Benda mirip batu lingga yoni dan prasasti. Kedunya ditemukan terpisah di dua dukuh, yakni di Dukuh Gendu dan Dukuh Koci .

Sejumlah warga dan komunitas pecinta sejarah yang tergabung dalam Historie Van Madioen Kompas Madya, menyatakan jika batu andesit berbentuk prasasti tersebut sudah ada sejak dulu di kebun milik rumah warga. Hanya saja warga baru mengetahui kalau batu tersebut punya nilai tenggi akhir akhir ini. Berupa batu gilang, dengan  panjang 1,70 cm, berdiameter 60 cm dan lebar 25 cm yang diduga prasati

Sedangkan di Dukuh Koci terdapat batu yoni berdiameter 40 cm tinggi 50 cm, lumpang berlubang serta umpak. "Jika berhasil dibaca oleh Badan Cagar Budaya Jawa Timur yang berada di Trowulan, akan diketahui asal muasal prasati tersebut," kata Ajar Putro Dewantoro Sekertaris Historie Van Madioen Kompas Madya.

Historie Van Madioen Kompas Madya sudah menyurati OPD dan badan cagar budaya Jawa Timur yang berada di Trowulan.

Dugaan awal,  batu  prasati dan yoni berasal dari Kerajaan Medang era pasca Bedah Kartosuro. Ketika Paku Buwono 2 memberikan hadiah kepada Bagus Harun atau Kyai Basyariah. Beberapa pengikutnya Kyai Basyariah diantaranya Demang Eko Manggolo, Demang Perkul dan Demang Ngurawan yang tertulis dalam buku Bedah Kartosuro, di berikan tanah perdikan. Dikuatkan dengan peninggalan di Dukuh Koci dan Dukuh Ngepoh. Sedangkan di Dukuh Gendu dalam cerita terun temurun, dikisahkan Nyai Aji Soro yang membasuh kaki Pangeran Timur atau Bupati Ronggo Jumeno meninggalkan sebuah petilasan. (pul)

Berita Terkait


Batu Prasasti dan Yoni Desa Metesih Ditemukan di Kebun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber