Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Permintaan Banyak Stok Bibit Cabai Kosong
Selasa, 30-07-2019 | 02:15 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Semenjak harga cabai mengalami kenaikan, permintaan bibit cabai di sentra pembibitan di Jombang juga mengalami kenaikan. Sayangnya, stok bibit cabai di pembenih cabai saat ini kosong.

Stok bibit mereka sudah di borong sejak awal cabai mengalami kenaikan, sedang untuk menyemai kembali mereka membutuhkan waktu cukup lama.

Dilihat aktifitas pembibit benih cabai di sentra pembibitan di Desa Badang Kecamatan Ngoro Jombang, mereka memilah bibit cabai kecil yang sudah dipesan oleh pelanggannya. Pembuat bibit ini membersihkan tanaman parasit yang menempel di bibit cabai berusia dua puluh hari ini.

Di sisi lain, pembuat bibit ini juga terus menabur bibit baru untuk melayani pesanan petani lainnya. Mereka mengaku saat ini tidak memiliki stok bibit cabai siap tanam, karena semua bibit cabai yang sudah semai sudah ada pemiliknya.

Hartatik, salah satu pemilik pembibitan cabai ini mengaku, sejak harga cabai naik banyak petani yang memborong bibitnya, akibatnya saat ini dirinya sudah tidak memiliki stok bibit untuk di jual.

Kalau ada sisa, bibit cabai adalah titipan petani yang sudah memesan jauh jauh hari. Soal harga, sejak banyak diburu harga dinaikan meskipun tidak banyak. "Jika sebelumnya satu batang cabai merah di jual harga Rp 220 sekarang naik menjadi Rp 250, sedang cabai rawit Rp 140 sekarang naik menjadi  Rp 170 perbatang," ujar Hartatik.

Kenaikan harga bibit cabai ini sebenarnya bukan dampak dari kenaikan harga cabai di pasaran, namun karena harga benih bibit cabai pabrikan juga mengalami kenaikan.

Selama ini bibit  banyak dipesan pelanggan tidak hanya dari Jombang, sejumlah kota di Jawa Timur mulai Kediri, Mojokerto, Nganjuk juga banyak yang memesan di kawasan ini. (yos)

Berita Terkait


Harga Cabai 85 Ribu, Olahan Sambal Jenggelek Khas Kota Probolinggo Tembus Mancanegara

Harga Cabai di Lamongan Tembus 100 Ribu Perkilo Gram

Permintaan Banyak Stok Bibit Cabai Kosong

Operasi Pasar, Bulog Jual Cabai Rp 6 Ribu Per Ons


Kemarau, Harga Cabai Rawit Terus Beranjak Naik

Harga Cabai di Lamongan Mencapai Rp 70 Ribu Perkilogram

Harga Cabai Makin Mahal Membuat Pembeli Sepi

Semakin Pedas, Harga Cabai Disini Sudah Tembus Rp. 70 Ribu Perkilogram

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber