Berita Terbaru :
Mayoritas Pelaku UMKM Belum Manfaatkan Teknologi Digital
Kalangan Millenial Dominasi Pelanggar Protkes di Bangkalan
   

Petani Keluhkan Hama Ulat dan Pasokan Air Untuk Tanaman Tembakau
Pantura  Senin, 29-07-2019 | 14:02 wib
Reporter : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Sejak memasuki musim kemarau, petani di Kabupaten Bojonegoro mulai menanam tembakau. Kini sudah mulai memasuki masa panen yang pertama.

Para petani keluhkan hama ulat yang menyerang tanaman tembakau mereka. Selain itu, para petani juga mengalami kesulitan dalam pengairan tanaman tembakau akibar sungai disekitar sudah mulai mengering.

Akibatnya para petani harus mengambil air dari embung yang letaknya 500 meter, untuk memberi pasokan air tanaman tembakaunya.

Sejak memasuki musim kemarau, petani di Desa Jono Kabupaten Bojonegoro, sudah mulai menanam tanaman tembakau untuk menggantikan padi.

Kali ini para petani ini sudah mulai memasuki masa panen yang pertama, dengan harga Rp 2.000 perkilogram tembakau basah, untuk dijual kepada pengepul, harga ini dinilai masih relatif setandart untuk masa panen yang pertama.

Namun, para petani keluhkan hama ulat yang menyerang daun tanaman tembakau milik mereka. Hal ini berakibat mengakibatkan para petani harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya perawatan.

Menurut Mujianto, salah satu petani tembakau, mengatakan, tanaman tembakau merupakan tanaman yang rawan terkena hama dan perlu perawatan khusus tiap harinya.

Sementara itu dalam hal pengairan, Sucipto, petani tambakau lain mengaku, di daerahnya pada musim kemarau cukup sulit mendaatkan air akibat sungai disekitar persawaah mulai mengering.

"Para petani terpaksa mengambil air dari sumber air, yakni embung yang letaknya 500 meter untuk mengairi tanaman tembakaunya," kata Mujianto.

Hal ini sudah dilakukan selama awal tanam tembakau hingga musim panen yang pertama. (yos)

Berita Terkait

Serangan Hama Ulat Grayak Meluas Hingga Ribuan Hektar

Masih Usia Muda, Tanaman Jagung Diserang Hama Ulat

Petani Keluhkan Hama Ulat dan Pasokan Air Untuk Tanaman Tembakau

Hama Ulat Serang Tanaman Bawang Merah di Bojonegoro
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pohon
Pojok Pitu

Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan

Pecah Ban Elf Terguling di Jalur Tol, 1 Tewas
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber