Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Perbankan Optimis Perekonomian Indonesia Pada Semester II 2019 Positif
Senin, 29-07-2019 | 06:15 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Dunia perbankan optimis terhadap prospek pasar keuangan dan perekonomian Indonesia pada semester II 2019 positif. Meski demikian, para pelaku ekonomi diminta tetap waspada dan memperhatikan tantangan-tantangan yang ada.

Menurut Chief Economist CIMB Niaga Adrian Panggabean, prospek positif tersebut, di antaranya terlihat dari menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hingga ke level Rp 13.900 , serta turunnya yield obligasi bertenor 10 tahun ke level 7,0% dari sebelumnya 7,80%.

"Kami memperkirakan yield obligasi 10 tahun berpotensi turun ke kisaran 6,70-6,90% sebagai konsekuensi dari relatif rendahnya persepsi risiko obligasi Indonesia, suku bunga sertifikat deposito Bank Indonesia 12 bulan di 6,25%, serta imbal hasil US-Treasury 10-tahun di kisaran 2,0%," kata Adrian dalam diskusi bersama CIMB Niaga di Surabaya.

Mengenai penguatan rupiah dan turunnya yield obligasi bertenor 10 tahun  dinilai itu terjadi karena ekspektasi para pelaku ekonomi terhadap kebijakan terbaru Bank Indonesia (BI). Seperti diketahui pada 18 Juli 2019, BI menurunkan suku bunga BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI 7DRRR) sebesar 25 bps dari 6,00% menjadi 5,75%.

Namun prospek positif dari aset keuangan domestik juga bisa tertahan akibat defisit transaksi berjalan yang masih relatif besar. Hingga semester I 2019 defisit transaksi berjalan mencapai kisaran 2,6% - 2,7% dari produk domestik bruto (PDB).

Berdasarkan kondisi tersebut, Adrian menilai penguatan rupiah yang terjadi belakangan ini akan terbatas. Hal itu akan terjadi jika indeks dolar AS terus melemah di semester II 2019. Ekspektasi ini mulai muncul di pasar keuangan dengan mengacu pada pergerakan harga emas yang terus menguat. (yos)

Berita Terkait


Perbankan Optimis Perekonomian Indonesia Pada Semester II 2019 Positif

Sistem Perbankan Alami Gangguan, Bank Indonesia Sebut Itu Bisa Terjadi

Aliansi Peduli Korban Perbankan Tuntut Ahok Tutup BPR

BI Sebut Akses Permodalan Jadi Kendala Utama Perbankan Syariah


Aliansi Peduli Korban Perbankan Tuntut Ahok Tutup BPR

BI Sebut Akses Permodalan Jadi Kendala Utama Perbankan Syariah

BI-OJK Monitoring Layanan Perbankan Saat Ratusan Mesin ATM Macet

Perbankan Tawarkan Solusi Permodalan Usaha Kecil Menengah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber