Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Keamanan dan Kenyamanan Jadi Tantangan Jasa Transportasi Online
Senin, 29-07-2019 | 03:20 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Tantangan terbaru untuk para penyedia jasa transportasi online adalah memberikan keamanan dan kenyamanan konsumen.

Terutama untuk konsumen perempuan yang banyak memanfaatkan layanan ojek atau taksi online. Tak hanya konsumen, keamanan para driver perempuan pun juga menjadi pekerjaan rumah bagi aplikator

Menurut City Manager Grab Surabaya Dede Sadeli, sebanyak 20 persen pekerjanya atau driver adalah perempuan. "Kami sedang gencar menyosialisaikannya bersama dengan Komnas Perempuan untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan kerja. Baik bagi pekerja kami maupun konsumen," katanya.

Selain edukasi, Grab menyosialisasikan pentingnya keamanan dan kenyamanan layanan transportasi daring mereka.

Tak hanya itu bagi driver perempuan khususnya untuk layanan ojek, Grab memberikan opsi untuk pekerja perempuan dapat mematikan layanan antara atau "ride". Dengan demikian, mereka hanya melayani pembelian makanan online.

"Meski begitu, berdasar data kebutuhan konsumen terhadap penyedia layanan antar atau jemput perempuan juga tinggi. Sebab, sekitar 60 persen pelanggan Grab adalah kaum hawa," ungkap Dede.

Dede mengakui, pihaknya masih terus berupaya mengembangkan fitur-fitur layanan yang membuat keamanan dan kenyamanan konsumen serta pekerja terjamin.

Sejauh ini, Grab memiliki lima fitur keamanan. Yakni, penyamaran nomor telepon, free call, verifikasi wajah pengemudi dan pelanggan, tombol darurat, dan share lokasi perjalanan real time.

Beberapa layanan tersebut diterapkan sejak 2017. Grab mencatat, 80 persen keluhan keamanan dari konsumen menurun berkat fitur-fitur itu.

Untuk diketahui , hingga November 2018, Grab menguasai 60 persen pasar layanan transportasi roda dua daring di Indonesia. Sementara itu, untuk kendaraan roda empat, pangsa pasarnya mencapai 70 persen melalui bisnis layanan. (yos)

Berita Terkait


Ibu Penarik Ojek Online Menerima Order Dengan Membawa Anak

Keamanan dan Kenyamanan Jadi Tantangan Jasa Transportasi Online

Razia Taksi dan Ojek Online, Sejumlah Kendaraan Digembosi Polisi

Pemkot Batu Luncurkan Ojek Online Sampah


Membedah Plus dan Minus Regulasi Anyar Tarif Ojek Online

Pemerintah Dituntut Buat Aturan Soal Tarif Promo Ojek Online

Tarif Ojek Online Naik, Permintaan Layanan Turun

Aplikator Ojek Online Mendadak Turunkan Tarif , Pengemudi Ojol Resah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber