Berita Terbaru :
Garuda Beri Diskon 45 Persen Penerbangan Domestik, Cek Rutenya di Sini
Jangan Dibuang, Buktikan 3 Manfaat Teh Celup Untuk Kecantikan Kulit
Ada 6 Pegawai Positif Covid 19, PN Surabaya Kembali Ditutup
Simak 3 Kunci Sukses Adele Turunkan Berat Badan Hingga 45 Kg
Walikota Surabaya Minta Bantuan Rp 700 Miliar Untuk Akses GBT
Jokowi Teken PP, Pegawai KPK Resmi Jadi ASN
Pemkab Sidoarjo Bagi 15 Ribu Masker Gratis Untuk Penanganan Covid 19
Banyak yang Belum Tahu Arti Sebenarnya Warna Lampu Lalu Lintas
Menikah Kali Ke 4 di Tahanan, Napi Ini Disaksikan Tiga Mantan Istrinya
Kurikulum Darurat Sudah Terbit, Guru Tidak Perlu Bingung dalam PJJ
   

4 Jenis Makanan ini Bisa Mencegah Hepatitis
Kesehatan  Senin, 29-07-2019 | 00:05 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Mencegah hepatitis bisa dimulai dari keluarga. Anda bisa memilih makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

Setiap tahunnya pada 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Salah satu alasan diperingatinya hari tersebut karena masih tingginya angka penderita hepatitis di seluruh dunia.

Hepatitis, penyakit yang menyerang hati

Hepatitis merupakan penyakit infeksi pada liver (hati) yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat berbagai jenis virus hepatitis yang perlu Anda ketahui, yakni hepatitis A, B, C, D dan E.

Namun, hepatitis yang paling sering menyerang masyarakat adalah hepatitis A, B, dan C. Anda perlu berhati-hati karena hepatitis termasuk penyakit menular.

"Hepatitis A itu yang paling sering menular di masyarakat. Biasanya hepatitis A itu ditularkan melalui makanan. Kalau hepatitis B atau C itu lebih sering dijumpai pada orang-orang medis, seperti dokter dan perawat karena biasanya dia penyebarannya melalui jarum suntik," ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. 

Makanya, dia menambahkan, sebelum menjalankan tugas, pekerja medis yang dianggap berisiko disarankan untuk vaksin hepatitis sebagai langkah pencegahan.

"Kalau sudah terkena hepatitis B atau C, ya sudah, itu tidak akan sembuh. Tapi kalau terkena hepatitis A masih bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah dengan cara pertolongan medis, dan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa mencegah hepatitis itu sendiri," tutur dr. Theresia.

Ya, seperti diutarakan dr. Theresia, ada beberapa makanan yang bisa mencegah tertular hepatitis. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda pilih:

1. Alpukat

"Makanan yang mengandung protein baik seperti alpukat mampu mencegah hepatitis menyerang tubuh manusia. Ini karena protein dalam alpukat mampu meningkatkan sistem imun dan metabolisme dalam tubuh manusia," ujar dr. Theresia.

Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian tepercaya juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi alpukat secara rutin, dikaitkan dengan penurunan berat badan secara signifikan dan meningkatkan fungsi kerja hati manusia.

Selain itu, orang yang makan alpukat juga lebih cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

2. Ikan salmon 

Ikan yang memiliki banyak minyak baik, seperti salmon, juga mampu meningkatkan fungsi hati manusia. Ikan salmon dapat membantu mengurangi peradangan dan penumpukan lemak pada hati. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan juga otak manusia.

3. Minyak zaitun

Tidak hanya buah alpukat dan ikan salmon, minyak zaitun atau yang lebih dikenal dengan olive oil juga mampu mengurangi penyakit hati dan penyakit kardiovaskular pada tubuh. Mengonsumsi minyak zaitun dalam jangka panjang bisa mengurangi LDL atau kolesterol jahat, serta lemak dalam darah. 

4. Kacang kenari

Protein dari kacang-kacangan, termasuk kacang kenari, juga bisa meningkatkan fungsi hati manusia. Kacang kenari memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki omega-6 dan omega-3  yang berfungsi baik untuk meredakan peradangan pada hati. 

"Kalau sedang iseng ingin makan, coba deh pilih kacang-kacangan seperti kacang kenari atau almond. Kedua kacang ini memiliki kandungan protein tinggi yang membantu menyehatkan liver, dan membantu tubuh bekerja dengan maksimal. Tubuh pun jadi tidak mudah terserang penyakit," ujar dr. Theresia.

Nah, aneka makanan sehat di atas sangat pas untuk menjaga kesehatan liver sekaligus mencegah hepatitis. Selain melalui makanan, pencegahan juga bisa dilakukan dengan menghindar dari kontak darah penderita serta mendapatkan vaksin hepatitis.

Terapkan juga pola hidup sehat. Dengan pola hidup sehat, daya tahan tubuh Anda akan kuat menangkal aneka jenis penyakit.(HNS/ RVS/klikdokter/jpnn/yos)

Berita Terkait

Pencegahan KLB Hepatitis A Meluas, Dinkes Sterilkan Warung Makan di Kampus

4 Jenis Makanan ini Bisa Mencegah Hepatitis

Disparpora Nyatakan 80 Persen Destinasi Wisata Bebas Dampak Hepatitis

Cegah Hepatitis, Puluhan Pekerja Tempat Hiburan Malam Diperiksa
Berita Terpopuler
Jokowi Teken PP, Pegawai KPK Resmi Jadi ASN
Politik  6 jam

Pemkab Sidoarjo Bagi 15 Ribu Masker Gratis Untuk Penanganan Covid 19
Metropolis  7 jam

Kurikulum Darurat Sudah Terbit, Guru Tidak Perlu Bingung dalam PJJ
Pendidikan  10 jam

Menikah Kali Ke 4 di Tahanan, Napi Ini Disaksikan Tiga Mantan Istrinya
Rehat  9 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber