Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dua Bulan Kekeringan, Bantuan Air Bersih Diserbu Warga
Sabtu, 27-07-2019 | 13:33 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sejumlah desa di kawasan perbukitan kapur Kabupaten Tuban, mengalami krisis air bersih. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga terpaksa harus membeli air karena sumur telah kering kerontang. Bantuan air bersih dari berbagai pihak pun langsung diserbu warga.

Warga Desa Genaharjo Dan Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, berduyun-duyun menyerbu truk tangki berisi air bersih bantuan dari sejumlah pihak. Salah satunya truk tangki air dari pajak pratam Tuban. Berbekal ember danjurigen kosong, mereka rela mengantri bergantian mengambil jatah air untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Menurut Cuntik, warga setempat, mengatakan, bantuan seperti ini memang sangat diharapkan warga. Sebab, sejak dua terakhir sumur dan sumber air yang menjadi andalan telah kering kerontang.

"Akibatnya warga kesulitan mendapat air bersih, bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga harus membeli air dari luar desa," kata Cuntik.

Meski harus mengantri bergantian dan berpanas-panas, warga mengaku senang mendapat air bersih. Kini bak penampungan air di rumah warga penuh, sehingga beberapa hari ekdepan mereka bisa tenang.

Eko Radnadi Susetio, Kepala KPP Tuban, menjelaskan, droping air bersih ini merupakan bentuk kepedulian pajak pratama Tuban terhadap masyarakat yang dilanda kekeringan. "Sebanyak lima truk tangki dikirim untuk meringankan beban warga yang membutuhkan air bersih," jelas Eko Radnadi Susetio.

Musim kemarau menyebabkan bencana kekeringan di Kabupaten Tuban. Hingga akhir Juli 2019, terdeteksi sebanyak sepuluh desa mengalami krisis air bersih. Diantaranya berada di wilayah Kecamatan Semanding, Kecamatan Singgahan dan Kecamatan Kerek. (yos)

Berita Terkait


Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

Warga Kabupaten Jember Kesulitan Air Bersih

Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering

Meski Turun Hujan Masih Ada 23 Titik Kekeringan di Jember


Ratusan Hektar Sawah Kekeringan, Petani Mengadu ke DPRD

Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan

Kekeringan, Yonarmed 12 Kirim Air Bersih

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber