Berita Terbaru :
Kekurangan Anggaran Pelaksanaan Pilkada Bisa Dicover Dari BTT
   

Medi Bastoni Jalan Mundur Dari Tulungagung ke Jakarta
Sosok  Sabtu, 27-07-2019 | 04:10 wib
Reporter : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74, Medi Bastoni berjalan mundur dari Tulungagung, Jawa Timur menuju Jakarta. Lelaki tersebut, menuju ke Istana Merdeka, untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Dengan jalan mundur, aktivis pecinta alam tersebut bertujuan memberikan pesan nasionalisme kepada masyarakat,  agar menengok ke belakang atau mengenang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Medi Bastoni (43) warga Desa Don Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, bersiap memulai jalan mundur, setelah beristirahat di salah satu masjid di Zdesa Puhti Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi.

Suami dari Sriyatun (35) ini berjalan mundur dari Tulungagung pada 18 Juli lalu, dari Pendopo Tulungagung. Sampai Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, salah satu kakinya sempat terkilir, sehingga diobati oleh Agus Usanto (46) teman satu kampungnya, yang ahli pijat.
Merasa kasihan, Agus Susanto, kemudian ikut menemani perjalanan Medi Bastoni, menuju Istana Merdeka.

Aktivis pecinta alam ini, bertujuan mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara, pada tanggal  17 agustus nanti.

Aksi jalan mundir yang dilakukan ayah 4 anak tersebut, bertujuan memberikan pesan nasionalisme kepada masyarakat agar menengok ke belakang atau mengenang sejarah kemerdekaan Indonesia.

"Saya juga hendak meminta bibit tanaman, kepada Presiden Joko Widodo, untuk kegiatan reboisasi lereng gunung wilis , yang telah dilakukan bersama komunitas pecinta alam dan warga kampung," kata Medi Bastoni.

Medi Bastoni berjalan mundur dengan target tiap harinya menempuh jarak 20 hingga 30 kilometer. Perjalanan dengan jarak sekitar 800 kilometer, direncanakan ditempuh selama 40 hari. Saat melintas di jalan Raya Ngawi-Solo, aksi unik Medi Bastoni tersebut menarik perhatian warga.

Aksi jalan mundur medi bastoni, bukan pertama kali dilakukan, tapi sudah 18 kali dilakukan.  Aksi jalan mundur pertama, saat era Presiden Megawati,  untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia, tingkat kecamatan.

Selain itu, juga pernah aksi jalan mundur di Kalimantan, untuk mengkritik kebijakan pemerintah daerah. Untuk aksi jalan mundur ke istana merdeka, merupakan jarak terjauh dengan bekal uang satu juta rupiah. (yos)

Berita Terkait

Medi Bastoni Jalan Mundur Dari Tulungagung ke Jakarta

Sambut HUT Kemerdekaan, Medi Bastomi Melakukan Aksi Jalan Mundur Menuju Jakarta

Menolak Revisi UU KPK, Mahasiswa Lakukan Jalan Mundur
Berita Terpopuler
Kekurangan Anggaran Pelaksanaan Pilkada Bisa Dicover Dari BTT
Pilkada  1 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber