Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Harga Tomat Anjlok di Petani Hanya Seribu Rupiah Per Kilo Gram
Jum'at, 26-07-2019 | 14:00 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Harga cabai mencapai selangit, berbanding terbalik dengan harga tomat, di petani Kabupaten Probolinggo Jawa Timur, harga tomat anjlok drastis mencapai seribu rupiah per kilo gramnya. Tingginya biaya perawatan membuat petani tomat merugi.

Terus melonjaknya harga cabai rawit, jauh berbeda dengan harga tomat. Salah satunya petani di Desa Sumber Suko, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, hanya seribu rupiah per kilo gramnya.

Untuk tanaman tomat sendiri pada musim kemarau ini tumbuh dengan baik, bahkan petani bisa memanen lebih dari 8 kali, dalam sekali tanam.      
Harga cuma seribu rupiah, dalam sekali panen dengan luas 300 meter persegi, biasanya petani menghasilkan sekitar 30 sampai 50 kilo gram, jika diuangkan hanya kisaran Rp 30 sampai Rp 50 ribu.

Sementara biaya perawatan terbilang cukup tinggi, sekali semprot uang yang harus dikeluarkan membeli obat pertanian mencapai Rp 100 ribu.

Dengan tingginya biasa perawatan, tidak jarang petani lebih memilih membiarkan tanaman tomatnya, hingga buah tomat membusuk di pohon.

Sukarsan, salah satu petani tomat, pada musim kemarau ini tanaman tomatnya tumbuh bagus, hanya saja, harganya cuma seribu rupiah, jika sudah dipasaran mencapai Rp 2 ribu.

Petani berharap, harga tomat kembali normal. petani pernah merasakan harga tomat mencapai Rp 14 ribu sampai Rp 20 rupiah per kilo gramnya. (yos)

Berita Terkait


Stok Melimpah, Pedagang Jual Tomat Dengan Harga Murah

Harga Tomat Anjlok, Petani Merugi

Harga Tomat Anjlok di Petani Hanya Seribu Rupiah Per Kilo Gram

Harga Tomat Jatuh, Petani Ganti Dengan Tanaman Lain


Kasihan Petani, Stok Melimpah, Harga Tomat Anjlok

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber