Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dengan menggandeng pemerintah desa dan tim dari Dinas Lingkungan Hidup, dari hasil sidak menyarankan agar pabrik membenahi saluran Ipal dengan baik. Foto Tova
Komisi D Sidak Lokasi Ipal Pabrik Tepung Yang Disoal Warga
Jum'at, 26-07-2019 | 13:05 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Aroma busuk yang disebabkan dari pembuangan saluran intalasi pembuangan air limbah pabrik tepung di Desa Candimulyo, Kecamatan Dolopo , tercium juga oleh wakil rakyat. Jajaran anggota komisi D dari DPRD bersama pemerintah desa, dan Tim Dinas Lingkungan Hidup mendatangi lokasi pembuangan Ipal di belakang pabrik.

Dengan ditemui oleh manajemen pabrik PT Budi Starch & Sweetener,  7 anggota DPRD melihat langsung bagaimana proses pembuangan air limbah yang menusuk hiduk warga. 

Menurut Rudi Tris Wahono Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Madiun,  kebocoran penutupan saluran Ipal menyebabkan bau menyengat. Terlabih dari 2 dari 7  kolam Ipal yang terbuka sehingga mengeluarkan bau menyengat .

Dewan menyarankan agar pihak pabrik segera melakukan perbaikan dan mencari solusi atas bau busuk.  Setelah sidak ini dewan mengagendakan , akan menggelar rapat dengar pendapat, atau hearing dengan menghadirkan perwakilan dari warga, Dinkes, Dinas Lingkungan Hidup, pihak PT Budi Starch & Sweetener.

Sementara itu, Heri Sutanto, Koordinator Biogas Plan Pabrik Tapioka, mengaku sudah melakukan tahapan perbaikan. Termasuk menambal sejumlah penutup Ipal yang terbuat dari membran.

Diketahui, pabrik tepung tapioka ini telah berdiri sejak 2010 silam. Pabrik tepung yang mempekerjakan 160 karyawan, berkali kali berhenti karena pasokan kurang bahan baku. Serta berkali kali pula di protes warga karena limbah. (pul)

Berita Terkait


Pabrik Tepung Janji Segera Benahi Saluran Ipal

Komisi D Sidak Lokasi Ipal Pabrik Tepung Yang Disoal Warga

Dewan Geram Soal Limbah Pabrik Tepung Rugikan Warga

Walikota Mengaku Tidak Terima Aduan Terkait Limbah Pabrik Tahu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber