Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Sosialisasi Bahasa Daerah di Luar Ruang Kepada Warga Kediri
Kamis, 25-07-2019 | 23:11 wib
Oleh :
Kediri pojokpitu.com, Guna meningkatkan kecintaan terhadap bahasa indonesia maupun bahasa Indonesia, Balai Bahasa Indonesia Jawa Timur, gelar sosialisasi penggunaan bahasamedia luar ruang kepada warga Kediri.

Meski demikian, pihak balai bahasa menemukan sejumlah tempat umum yang masih menggunakan bahasa asing dulu, dibanding mengutamakan bahasa Indonesia.  

Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur, menggelar sosialisasi bahasa media luar ruang di kota kediri. Sebab, sering kali balai bahasa menemukan penggunaan bahasa asing diutamakan dibanding dengan bahasa Indonesia dan bahasa daerah, di sejumlah tempat perbelanjaan maupun sekolah.

Pihaknya mendongkrak rasa bangga dalam penggunaan bahasa Indonesia, peserta sosialisasinya adalah ratusan orang dari berbagai lembaga pemerintah dan lembaga pendidikan. Diharapkan mereka dapat langsung memberikan contoh kepada staf pemerintahan dan peserta didik .

Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Mustakim, mengatakan, bahasa merupakan salah satu sarana salam mempetsatu bangsa. "Sehingga tujuan ini, juga sebagai upaya dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya mengutamakan bahasa negara Indonesia di media luar ruang," kata Mustakim.

Sosialisasi ini disambut baik oleh Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Ibnu Qoyim, yang dengan adanya sosialisasi ini sebagai pemupuk kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.

"Dinas Pendidikan menilai jika bahasa Indonesia dengan bahasa Inggris memiliki tempat masing-masing soal pelajaran di sekolah," kata Ibnu Qoyim.

Dalam penggunaan bahasa sehari-hari, remaja kekinian masih sering menggunakan bahasa asing di dunia nyata maupun dunia maya.

Diharapakan, sosialisasi ini dapat  lebih mengutamakan bahasa Indonesia, disusul bahasa daerah dibandingkan dengan bahasa asing. (yos)

Berita Terkait


Sosialisasi Bahasa Daerah di Luar Ruang Kepada Warga Kediri


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber