Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Batik Abstrak, Tren Batik Baru Tanpa Sketsa
Rabu, 24-07-2019 | 05:30 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Pebatik muda asal Kecamatan Tamanan Kabupaten Bodowoso, berhasil menciptakan motif abstrak dengan gradasi warna yang sangat menawan. Belakangan batik tanpa sketsa ini ramai diburu utamanya bagi oleh kaum muda.

Adalah Andriyanto (28) pemuda asal Dusun Silowogo Desa Kemirian Kecamatan Tamanan Bodowoso, yang terus berkreasi dan berhasil menciptakan motif baru batik di tahun 2019 bernama batik abstrak.

Sebagaimana diketahui sanggar batik ijen milik Andri tersebut telah diproduksi batik asean games 2018, dan dipakai oleh Presiden Joko Widodo bersama seluruh menteri dan para petinggi negara.

Motif absrak yang dibuat kali ini, merupakan batik dengan tema bebas tanpa batas. Pada pembutannya, Andri tidak menggunakan proses sketsa maupun pengukuran pada tahap awal, namun langsung proses pencantingan dalam kain garapan.

Setelah motif tercipta, kemudian disiapkan minimal 10 warna bergradasi yang selanjutnya diwarnakan dengan teknik kuas, garis demi garis warna menciptakan motif baru dalam dunia batik. Meski proses produksi batik abstrak lebih lama, namun belakangan peminat motif ini mulai meningkatd an didomonasi kaum muda.

Menurut Andriyanto, meski suda ada sekitar 35 orang pekerja. namun untuk pembuatan batik abstrak biasanya dilakukan sendiri, karena membutuhkan kemampuan khsusus mencanting tanpa sketsa.

Untuk harga , sepotong batik abstrak dibandrol dengan harga Rp 450 hingga Rp 500 ribu tergantung warna dan motif pesanan.

Selama ini para pembeli tidak hanya datang dari Bondowoso, sejumlah konsumen luar daerah seperti, Malang, Surabaya, bahkan Jakarta ramai memesan batik produksi para pemuda desa ini. (yos)

Berita Terkait


Batik Abstrak, Tren Batik Baru Tanpa Sketsa


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber