Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Seorang Pemuda di Tuban Dipasung Selama 17 Tahun
Selasa, 23-07-2019 | 23:10 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Kabupaten Tuban yang dicanangkan sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur yang bebas pasung, dinilai masih belum berjalan secara maksimal. Pasalnya, hingga kini masih ada warga yang mengalami gangguan kejiwaan maupun cacat mental yang dipasung.

Salah satunya terjadi di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Tuban. Santam (32) anak dari terakhir Wajinah (73) tahun warga setempat ini mengalami gangguan mental sejak ia lahir. Setelah beranjak dewasa sekitar usia 15 tahun, pria dari tujuh bersaudara ini akhirnya dipasung.

Parni, adik kandung Santam, mengatakan, saat masih usia anak-anak, Santam sempat diperiksakan ke puskesmas setempat, untuk mengetahui penyakitnya. Namun, disuruh pulang untuk menjalani pengobatan di rumah.

Sejak 17 tahun silam, santam menjalani kehidupan sehari-harinya di bekas kandang milik keluarga. Makan dan minum pun juga dilakukannya di tempat tersebut.

Alasan keluarga melakukan pemasungan, karena santam memiliki kebiasaan yang agak membahayakan, ketika mengetahui ada barang di dekatnya, tak berselang lama barang itu pasti dilemparkan.

Selain itu, pihak keluarga juga takut jika tali yang digunakan untuk memasung Santam dilepaskan, pemuda 32 tahun ini keluar rumah dan menghilang.

Meski pihak keluarga mengaku belum mendapatkan bantuan. Namun, Pemerintah Kabupaten Tuban pada tahun 2018 lalu pernah mengusulkan kepada pihak keluarga, agar Santam di Rujuk Ke Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya dan biaya ditanggung oleh pemerintah daerah, namun pihak keluarga masih belum mengizinkan. (yos)

Berita Terkait


Seorang Pemuda di Tuban Dipasung Selama 17 Tahun

Gangguan Jiwa, Remaja Dipasung Keluarga

Dipasung Dua Tahun Kakak Beradik Pasien Gangguan Jiwa Dibebaskan

Ternyata Masih Banyak Warga Jatim Yang Terpasung


Ternyata Masih Banyak Warga Jatim Yang Terpasung

Perawat Liana Dari Puskesmas Dongko Berani Bebaskan Orang Dipasung

Petugas Sosial Bebaskan Korban Pasung

Dinkes Situbondo Bebaskan Puluhan Warga Terpasung di Akhir Tahun

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber