Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Omzet Pedagang Pernik Haji Menurun
Selasa, 23-07-2019 | 22:10 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Berita Video : Omzet Pedagang Pernik Haji Menurun
Jombang pojokpitu.com, Menjelang keberangkatan jamaah haji Jombang, sejumlah pedagang perlengkapan haji mengeluh turunnya omzet penjualan, mereka mengaku kalah bersaing dengan kelompok bimbingan ibadah haji, yang sudah menyiapkan seluruh pernik kebutuhan jamaah haji anggotanya. Aehingga calon jamaah haji yang beli secara mandiri berkurang.

Sejumlah pedagang pernik haji ini sudah memadati alon alon jombang menjelang keberangkatan jamaah haji. Sejumlah pedagang perlengkapan dan souvenir haji berharap, dagangannya bisa dibeli jamaah maupun keluarganya yang akan berangkat ke tanah suci.  
   
Pedagang menyediakan berbagai souvenir haji serta dan peralatan penyambutan tamu setelah tiba di rumah, mulai dari teko khas arab saudi berbagai model, gelas untuk minum air zam-zam serta berbagai souvenir dan seragam ihram.

Selain itu, sejumlah perlengkapan ibadah haji disediakan pedagang. mulai dari ikat pinggang, celana dan kaus khusus jamaah haji hingga kain ihram. Biasanya jamaah lebih suka membeli di tanah air dari pada di tanah suci, agar kakhusyukan ibadah tidak terganggu.

Taufiq Hidayat, salah satu calon jamaah haji mengaku senang membeli perlengkapan hajinya di tanah air. "Sehingga saat menunaikan ibadah mereka sudah bisa khusuk melaksanakan rukun dan syaratnya," jelas Taufik.

Saiful, salah satu pedagang, mengaku, omzetnya kini menurun setelah Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) juga menjual barang yang sama kepada jamaahnya masing-masing. "Penurunanya hingga 15 persen, omzet sebelumnya berkisar Rp 10 juta, kini turun menjadi sekitar Rp 8 juta perhari," kata Saiful.

Jamaah calon haji asal Jombang diberangkat dalam dua gelombang. dua bus sudah berangkat kemarin tanggal 22 dan dan sisanya sebanyak 980 orang akan diberangkatkan hari ini menjadi dua keberangkatan.

Jamaah Kabupaten Jombang tergabung dalam tiga kloter, yatu kloter 52, 53 dan kloter 54 embarkasi Juanda, Surabaya. (yos)

Berita Terkait


Omzet Pedagang Pernik Haji Menurun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber