Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Haji 

883 Calon Jamaah Haji di Tuban Ikuti Manasik Haji
Selasa, 23-07-2019 | 21:15 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sebanyak kurang lebih 883 orang Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban, melaksanakan manasik haji. Manasik haji ini dilakukan agar para calon jamaah haji dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar.

Sementara dari total calon jamaah haji yang berangkat, 69 persen diantaranya masuk ketogori beresiko tinggi atau risti, karena faktor usia maupun penyakit.

Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban, menggelar kegiatan praktek ibadah haji bagi seluruh calon jamaah haji dari kabupaten setempat. Kegiatan manasik haji ini, dikuti sebanyak kurang lebih 883 orang cjh dari dua kloter haji dari kota bumi wali.

Seluruh calon jamaah haji yang datang, mengikuti secara seksama semua proses dan rangkaian ibadah haji, yang dilaksanakan di lapangan perumahan Dinas Semen Gresik, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban.

Layaknya di tanah suci,para jemaah melakukan  semua syarat sah ibadah haji,mulai dari towaf, kemudian menuju bukit sofa, marwah, serta sai.

Kegiatan manasik pada hari ini merupakan bimbingan manasik yang kedua kali diselenggarakan oleh Kemenag Tuban. Sebelumnya pihak kemenag juga telah mengadakan kegiatan serupa beserta 4 tahapan teori yang dilaksanakan di mulai April 2019 lalu.

Pembekalan manasik haji ini sangat perlu dan penting bagi para CJH,sebab kegiatan ini bisa memberikan gambaran akan kegiatan-kegiatan yang bakal dilaksanakan para calon jamaah haji di tanah suci nanti.

Diharapkan,setelah manasik ini, tidak ada para CJH yang kebingungan saat melaksanakan ibadah haji. Sehingga merka bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusuk.

Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid, mengungkapkan, pada tahun 2019 ini, Kabupaten Tuban kuota sebanyak 885 calon jamaah haji.

"Mereka terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 77 dan kloter 78. Namun, ada dua calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini, karena mengalami kecelakaan," kata Sahid.

Sehingga jumlah calon jamaah haji yang berangkat 883 orang. Dari total keseluruhan, 69 persen diantaranya merupakan calon jamaah haji berisiko tinggi atau risti. Yakni resiko tinggi karena usia lanjut, usai dan penyakit, serta penyakit.

Para calon jamaah haji asal Tuban, akan diberangkatkan pada gelombang dua tanggal 1 Agustus 2019 mendatang, melalui embarkasi Surabaya, sebelum kemudian terbang menuju tanah suci. (yos)

Berita Terkait


Sakit, Tiga Calon Jamaah Haji Batal Berangkat ke Tanah Suci

Menpora Imam Nahrowi Berangkat Haji

PPIH Surabaya Tuntaskan Pemberangkatan Calon Jamah Haji

Keluarga Jamaah Calon Haji Meninggal Terima Asuransi Rp 18 Juta


CJH Gelombang 2 Akan Berangkat Dengan Kenakan Pakaian Ihram

Tetap Diberangkatkan, 4 CJH Kabupaten Madiun Belum Kantongi Visa

Seorang CJH Pacitan Harus Berangkat Pakai Ambulans Karena Sakit

Sebanyak 445 CJH Dari Kabupaten Magetan Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber