Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Hendak Rayakan Ultah Ke 23, Sekretariat Partai Rakyat Demokratik Digeruduk Ormas
Selasa, 23-07-2019 | 10:25 wib
Oleh : Nanda Andrianta
Berita Video : Hendak Rayakan Ultah Ke 23, Sekretariat Partai Rakyat Demokratik Digeruduk Ormas
Surabaya pojokpitu.com, Sejumlah ormas di Surabaya, Senin (22/7) malam tadi menggeruduk sekretariat Partai Rakyat Demokratik (PRD) cabang Surabaya, yang sedang menggelar acara peringatan hari ulang tahun ke 23. Massa menolak adanya PRD, karena dianggap partai terlarang yang diduga berafiliasi dengan partai komunis.

Sejumlah ormas dari FPI dan Hipakad, malam tadi menggeruduk sekretariat partai rakyat demokratik cabang Surabaya, di Jalan Bratang Gede 6 E,Surabaya. Mereka meminta anggota Partai Rakyat Demokratik cabang Surabaya, untuk membongkar seluruh atribut yang ada di dalam sekretariat tersebut.

Acara yang awalnya berbalut diskusi dalam rangka ulang tahun PRD ke 23 itu seketika langsung semburat, atribut-atribut partai rakyat demokratik seperti bendera, backdrop dan banner langsung dicopot, setelah mendapat desakan dari para ormas yang datang.

Ormas-ormas yang datang tersebut menolak keras adanya Partai Rakyat Demokratik, lantaran dianggap partai terlarang yang berafiliasi dengan partai komunis.

Selain meminta untuk membubarkan acara, kelompok massa FPI dan Hipakad juga melakukan pembakaran bendera PRD yang dinilai sebagai ormas terlarang di Indonesia.

Agus Fachrudin, Wali Laskar Pembela Islam Surabaya, mengatakan, pihaknya secara jelas mengecam adanya kegiatan diskusi yang diadakan PRD. "Karena, menurut Permendagri yang ada PRD sudah dianggap sebagai ormas yang terlarang," jelas Agus Fachrudin.

Sementara itu, Samirin, Ketua Komite Pimpinan Kota PRD Surabaya, mengatakan, terkait adanya pembubaran paksa dari sejumlah ormas tersebut, pihaknya memutuskan untuk mengalah demi menjaga keamanan Kota Surabaya.

Pihaknya juga membantah tudingan bahwa PRD adalah partai yang terafiliasi dengan komunis. "Sebab, keberadaan PRD selama ini selalu mendukung pancasila. Bahkan, kita memiliki pedoman pancasila," jelas Samirin.

Kegiatan peringatan hari ulang tahun PRD ke-23 di Surabaya sendiri rencananya akan digelar di rumah makan padang di Jalan Gubernur Suryo Surabaya pada Senin petang. Namun karena tidak ada izin dari kepolisian, mereka akhirnya memindahkan kegiatan tersebut ke kantor sekretariat. (yos)

Berita Terkait


Hendak Rayakan Ultah Ke 23, Sekretariat Partai Rakyat Demokratik Digeruduk Ormas

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber