Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Sistem Perbankan Alami Gangguan, Bank Indonesia Sebut Itu Bisa Terjadi
Senin, 22-07-2019 | 19:20 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Bank Indonesia menyebutkan bahwa gangguan sistem perbankan bisa terjadi sewaktu-waktu karena berbagai faktor. Namun yang terpenting adalah bank sudah mempunyai data back up, serta merespon cepat terhadap keluhan yang disampaikan nasabah.

Terkait gangguan sistem yang terjadi pada Bank Mandiri, Sabtu lalu, secara nasional termasuk Jawa Timur, kantor perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, menjelaskan gangguan sistem memang bisa terjadi sewaktu-waktu pada sistem perbankan, yang dapat disebabkan berbagai faktor.

Menurut Edhie Haryanto, Kepala Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Antar Perwakilan BI Jatim, yang terpenting adalah setiap server sistem harus memiliki back up system, yang juga menyimpan data nasabah. "Diperlukan respon cepat pihak bank dalam menangani persoalan. Termasuk kepastian dana masyarakat aman dan tidak berkurang," kata Edhie.

Edhie mengimbau agar masyarakat tidak panik jika menghadapi persoalan itu, karena masyarakat cukup melaporkan ke pihak bank melalui cabang terdekat atau call center, maka bank pasti akan menindak lanjuti.

Untuk diketahui, Sabtu, 20 Juli lalu, sebanyak 10 persen dari total nasabah Bank Mandiri secara nasional panik, karena tiba- tiba saldonya berkurang, dan ada yang bertambah, yang disebabkan kegagalan sistem. Beruntung Bank Mandiri mampu memperbaiki dengan cepat.(end)




Berita Terkait


Sistem Perbankan Alami Gangguan, Bank Indonesia Sebut Itu Bisa Terjadi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber