Berita Terbaru :
Terseret Banjir Korban Ditemukan Nelayan di Tengah Laut Kondisi Membusuk
DPRD Bojonegoro Tetapkan 5 Raperda
Jelang New Normal, ASN Mulai Masuk Kantor
Perawat RSAL Ramelan Meninggal Akibat Positif Covid 19
Pemkab Gratiskan Rapid Test Santri yang Datang ke Ponpes
Pemkab Luncurkan Aplikasi Sibantu Guna Pantau Bantuan Covid-19
Ribuan Ikan Mati Mabuk di Waduk Sier
Enam Warga Korban Prona Lapor Polisi Nganjuk
Jumlah Pasien Covid 19 Yang Sembuh di Jawa Timur Makin Banyak
Tiga Karyawan PDAM Diduga Terpapar Covid 19
Warga Lumajang Masih Antri Pancarian Bantuan
Pengunjung Dibuat Tidak Saling Berpapasan di Dalam Mall
Jawa Timur Terjunkan Tim Covid 19 Hunter ke Sejumlah Daerah
Begini kata Kejaksaan Ponorogo Terkait Dugaan Korupsi PDAM
Lahir di Masa Pandemi Kelahiran Bayi Singa Putih Membawa Warna Tersendiri
   

Begini Cara Merawat Rambut Saat Ibadah Haji
Life Style  Senin, 22-07-2019 | 05:16 wib
Reporter :
Foto dok pojokpitu.com
Surabaya pojokpitu.com, Cuaca panas di Tanah Suci saat ibadah haji rentan membuat keringat jemaah haji membanjir hingga membuat rambut lembap dan lepek. Perawatan rambut ekstra pun harus dilakukan untuk mengatasi kondisi rambut semacam ini. Bagi para jemaah wanita perlu kondisi rambut perlu lebih diperhatikan. Menggunakan hijab sepanjang hari juga menambah masalah pada rambut dan kulit kepala. Masalah rambut seperti ketombe serta rambut rontok dan patah pun kerap menghampiri.

Namun, Anda tidak perlu risau. Berikut tips perawatan rambut yang bisa Anda lakukan saat ibadah haji:

1. Biarkan rambut Anda bernapas

Saat di Tanah Suci, Anda biasanya akan mengikat rambut atau menyanggulnya sebelum menutupinya dengan hijab sepanjang hari.  Nah, begitu tiba di penginapan, sebaiknya lepas ikatan rambut Anda agar rambut dan kulit kepala bisa bernapas.

Jika Anda harus mengenakan hijab di dalam penginapan karena Anda tinggal dengan non-mahram (muhrim), pastikan untuk mengenakan hijab Anda dengan longgar.

2. Sisir rambut sebelum keramas

Menyisir rambut sebelum keramas dapat membantu Anda terhindar dari masalah rambut rontok. Anda juga perlu menyisir rambut Anda setelah selesai keramas dan sebelum menguncir rambut ketika akan memasangkan hijab.
Menyisir rambut dapat melancarkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Selain itu juga bisa menjaga agar rambut tidak kusut.

3. Keringkan rambut sebelum mengenakan hijab

Mengeringkan rambut sangat penting untuk mencegah kerusakan pada akar rambut, terutama ketika Anda mengikat rambut saat basah. Apalagi bila rambut Anda akan diikat selama seharian dengan kemungkinan mengalami pengeringan sangat kecil.

Hal tersebut akan menyebabkan rambut lepek dan mungkin timbul bau yang tidak menyenangkan. Jika memungkinkan, beri rambut Anda waktu yang cukup agar rambut Anda mengering dulu sebelum Anda mengenakan hijab.

4. Jangan ikat rambut terlalu keras

Mengikat rambut terlalu erat dapat menyebabkan kerontokan. Penting juga untuk dicatat bahwa mengikat rambut Anda dengan cara yang sama setiap hari juga akan menyebabkan kerusakan rambut. Setidaknya satu hari dalam seminggu ikatlah rambut Anda sedikit lebih longgar.

Mengikat rambut dengan longgar bisa mencegah tegangnya akar rambut terus-menerus akibat ditarik ke belakang. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengepang rambut. Lakukan dengan lembut untuk menjaga kesehatan akar rambut Anda.

5. Gunakan sampo yang tepatMencuci rambut terlalu sering tidak dianjurkan karena rentan menghilangkan minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Selain itu juga bisa menyebabkan sensasi gatal terutama ketika Anda berada di lokasi yang lembap dan sering berkeringat.

Gunakanlah kondisioner tanpa dibilas agar rambut Anda menyerap kelembapan. Anda juga bisa memakai sampo kering untuk menyegarkan kulit kepala. Selain itu, hindari mandi air panas selama menunaikan ibadah haji karena dapat merusak rambut Anda.

Mandi air dingin disarankan untuk menutup pori-pori sementara waktu dan meratakan folikel rambut Anda. Hal tersebut juga akan mengurangi kerontokan rambut Anda.

6. Pilih hijab yang tepat untuk rambut Anda

Ada banyak sekali model hijab dengan berbagai bentuk dan bahan. Memilih hijab yang tepat bisa menjadi salah satu cara merawat rambut. Pilihlah hijab yang tidak membuat Anda merasa gerah. Hijab yang menyerap panas atau hijab dengan serat yang terlalu rapat akan membuat Anda mudah berkeringat dan rambut mudah lepek.

Bahan hijab dari serat alami seperti katun umumnya akan lebih sejuk digunakan dibandingkan dengan bahan dari serat sintetis. Pilih juga model hijab yang lembut dan ramah di kulit agar tidak terjadi gesekan antara rambut dan hijab yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Perawatan rambut sederhana di atas dapat menjauhkan Anda dari masalah rambut selama ibadah haji. Dengan rambut yang sehat, Anda akan lebih fokus beribadah. Bila Anda memiliki masalah rambut yang berlarut-larut, segera konsultasikan ke dokter.(HNS/RVS/klikdokter)

Berita Terkait

Musim Rambutan, Warga Dapat Penghasilan Lebih

Perawatan Rambut Ionic , Salah Satu Cara Atasi Rambut Kering dan Rusak

Mahasiswa Ciptakan Masker Rambut dari Buah dan Sayur

Rutan Medaeng Razia Rambut Panjang Para Tahanan dan Napi
Berita Terpopuler
Maling di RSUD Sayidiman Diringkus Polisi
Peristiwa  13 jam

Kekurangan Anggaran Pelaksanaan Pilkada Bisa Dicover Dari BTT
Pilkada  15 jam

Polwan Polres Lamongan Sosialisasikan New Normal di Beberapa Warkop
Peristiwa  14 jam

Pemuda Ini Setubuhi 8 Anak Dibawah Umur, 1 Korban Dipaksa Aborsi
Peristiwa  13 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber