Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Foto dok pojokpitu.com
Dalam Bahaya! Banyak Ibu Hamil Terjangkit Hepatitis B
Senin, 22-07-2019 | 02:14 wib
Oleh :
Sidoarjo pojokpitu.com, Waspada terhadap penyakit menular terus didengungkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo, Jatim. Salah satunya adalah hepatitis. Sebab, di Kota Delta banyak warga yang memiliki virus hepatitis reaktif. Terutama hepatitis B. Berdasar data, pada tahun ini mulai Januari hingga Mei, sudah ditemukan 295 orang yang mengidap virus tersebut. Sebagian besar adalah ibu hamil (bumil). Jumlahnya mencapai 268 orang. Hal itu juga terjadi pada tahun lalu.

Pada 2018, ditemukan 680 bumil yang virus hepatitisnya reaktif. Karena itu, mereka perlu mendapatkan pengobatan.

Dinkes pun senantiasa mengimbau para bumil agar menjalani pemeriksaan lengkap. Terutama yang menyangkut penyakit menular wajib dilakukan. Sembilan pemeriksaan terhadap ibu hamil harus dijalani.

"Terutama pemeriksaan darah," kata Kepala Dinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawarman SpPros.
Dengan pemeriksaan tersebut dapat diketahui, seorang bumil mengidap hepatitis atau tidak. Juga penyakit menular lain seperti HIV/AIDS.

Karena itu, dinkes memperhatikan para ibu hamil dengan ekstra. Mereka yang terindikasi memiliki virus penyakit menular dipantau terus kondisi kesehatannya.

Sebab, menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Sidoarjo dr M. Athoillah, ibu yang terkena virus hepatitis bisa menyebarkan virus tersebut kepada bayi.

Itu terjadi pada saat proses kelahiran. Dia menyebutkan, bumil yang terkena hepatitis B akut memiliki risiko penularan 90 persen.

"Rentan menular kepada bayi yang mengalami berat badan lahir rendah (BBLR). Beratnya kurang dari 2,5 kilogram. Juga pada bayi yang lahir prematur," paparnya.

Untuk meminimalkan penularan, lanjut dia, persalinan yang dianggap lebih aman adalah operasi Caesar. Selanjutnya, untuk kasus hepatitis A dan C, Athoillah menyatakan tidak ada.

"Kami berharap berlangsung selamanya," ucapnya.

Agar tidak tertular hepatitis, warga diharapkan menjaga kesehatan. Salah satu caranya adalah menjaga kebersihan diri sendiri. Masyarakat harus rajin mencuci tangan sebelum makan. (may/c22/dio/jpnn/pul)

Berita Terkait


Dalam Bahaya! Banyak Ibu Hamil Terjangkit Hepatitis B

Dinkes Diminta Pasang Target Soal Angka Kematian Ibu Hamil

Ibu Hamil Juga Bisa Berolahaga Pound Fit Memakai Stik Drum

Ibu Hamil Dilarang Obesitas. Ini Bahayanya...


Tragis, Ibu Hamil Tewas Terlindas Truk

Senam Ibu Hamil, Persiapkan Persalinan Dengan Matang

Dinkes Diminta Pasang Target Soal Angka Kematian Ibu Hamil

Dilindas Pick Up, Ibu Hamil 4 Bulan Tewas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber