Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Lestarikan Batik Tulis, Perajin ini Tolak Jual Batik Cap dan Printing
Minggu, 21-07-2019 | 01:10 wib
Oleh : Moch.Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Melestarikan batik tulis bukan hanya tanggungjawab pemerintah dan perajin, tetapi penjual dan masyarakat. Seperti yang dilakukan Sufiyah salah satu pengusaha batik Bangkalan, yang sampai saat ini konsisten menjual batik tulis dan menolak menjual batik cap dan batik printing.

Dengan telaten dan cekatan perajin batik dari Tanjung Bumi ini menyelesaikan pesanan batik tulisnya di galery tresna art milik Hajjah Sufiyah jalan Kh Moh Kholil Bangkalan. Setiap hari Jumat dan Sabtu dua perajin ini pulang pergi dari Tanjung Bumi ke Bangkalan untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Cara ini dilakukan Sufiyah untuk tetap menjaga kualitas hasil dari batik tulis atau gentongan yang dijualnya. Karena kualitas dari batik tulis tidak hanya dari ketrampilan perajin, namun dari bahan-bahan yang digunakan.  "Agar para pembeli yang datang juga mengetahui proses pembuatan batik tulis atau gentongan," kata Sufiah.

Hal inilah yang membedakan galery tresna art milik Sufiyah dengan penjual batik lainnya di Bangkalan. Dimana penjual batik lainnya banyak beralih menjual batik cap dan printing. Karena dari segi bisnis, menjual batik cap dan printing lebih menguntungkan. "Saya masih tetap menjual batik tulis meskipun banyak pengunjung yang menanyakan batik cap dan printing," kata Sufiyah.

Menurutnya menjaga kelestarian batik tulis juga tanggungjawab penjual batik tulis. Sebab apabila penjual batik tulis tetap menjual batik tulis maka dengan sendirinya pembeli atau pengunjung akan membeli batik tulis dan batik tulis tetap terjaga kelestariannya.

Perbedaan batik tulis dengan batik printing memang tipis. Batik printing hasilnya lebih halus, namun warna kain akan cepat pudar. Namun jika batik tulis awalnya luntur tapi lama kelamaan akan cerah dan tidak pudar.



Berita Terkait


Warga Binaan Ternyata Trampil Membatik, Ini Buktinya

Proses Membatik Justru Menjadi Daya Tarik Wisata

Lestarikan Batik Tulis, Perajin ini Tolak Jual Batik Cap dan Printing

Omzet Perajin Batik Tulis Pamekasan Meningkat Menjelang Lebaran


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber