Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Burung jenis paruh bengkok (parrot), dan love bird menjadi burung yang paling dicari masyarakat. Harganya relatif stabil membuat peternak untung jutaan rupiah. Foto Handoko
Berawal Dari Hobi, Ternak Burung Menjadi Untung
Jum'at, 19-07-2019 | 23:04 wib
Oleh : Iqbal Mustika dan Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Memelihara burung berkicau kini sudah bisa menghasilkan untung yang menggiurkan. Di Banyuwangi, burung berkicau tak hanya sekadar dilombakan saja, melainkan mulai diternakkan agar beranak pinak.

Peternakan burung berkicau semi alami itu berada di Jalan Cut Nyak Dien, Kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi. Burung yang dulunya hanya dipelihara untuk dilombakan saja, kini mulai diternakkan oleh pemiliknya.

Menurut Robit Abenk peternak, mengembangkan biakan burung berkicau gampang-gampang susah. Tak perlu lahan yang luas, sebuah ruangan di dalam rumah pun bisa dijadikan sebagai tempat bternak burung berkicau. Tentunya, ruangan yang digunakan harus memiliki ventilasi udara, dan cahaya yang cukup agar burung bisa berkembang biak dengan baik.

Burung jenis parrot, atau paruh bengkok menjadi tren di kalangan penggemar burung. Warnanya yang indah membuat burung ini makin dicari oleh masyarakat untuk dipelihara, maupun dilombakan. Burung-burung parrot merupakan burung yang sangat sensitif, apalagi kalau sedang mengerami telurnya.

Ada berbagai varian warna dari burng parrot ini. Selain oranye, ada pula parrot hijau, parrot jambul kuning, hingga parrot putih. Meski sensitif, burung jenis parrot ini terkenal sangat jinak pada pemiliknya. "Apabila terlepas, burung ini otomatis akan kembali ke pemiliknya jika sudah mengenal dekat," kata Robit Abenk.

Selain parrot, burung berkicau jenis love bird hingga kini juga masih menjadi primadona. Ya, burung-burung lucu berwarna-warni ini tampak berdua di dalam sangkar peternakan mengerami telur, dan anaknya. Ada berbagai macam jenis love bird yang diternakkan dengan berbagai warna, mulai dari love bird biola green, parblue, euwing, biola blue, green series, love bird jenis pasjo (pastel ijo).

Semua jenis burung ini sangat mudah untuk diternakkan. Satu pasangan love bird cukup dijodohkan dalam waktu 2 minggu, maka sangkar burung sudah dipenuhi 3 sampai 8 butir telur. Rata-rata untuk anakan love bird bisa dijual dengan harga Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. "Untuk jenis parrot, harganya lebih mahal mencapai puluhan juta rupiah," tambah Robit Abenk. (pul)

Berita Terkait


Berawal Dari Hobi, Ternak Burung Menjadi Untung

BKSDA Jawa Timur Bantah Burung Hasil Penyitaan di Jember Mati Kelaparan

80 Burung Sitaan Mati, Pakar Satwa Desak Kejati Perhatikan Kelangsungan Hidup Satwa

Berawal Dari Hobi Burung Berwarna, Indah Raup Puluhan Hingga Ratusan Juta


Curi Burung Parkit di Warung, Pengamen Jalanan Masih Remaja Ini Dibekuk Reskrim Polsek Kepanjen

Wadah Camilan Berbentuk Burung Merak Laris Jelang Lebaran

Residivis Curi Burung Dihajar Warga

Tradisi "Totak"an" Lepas Ribuan Burung Merpati Saat Panen Raya Padi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber