Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Tradisi ini diadakan warga Desa Tondomulo tiap tahun dalam rangka bersih desa. Warga desa menggelar silaturahmi, dan mensyukuri nikmat atas hasil pertanian yang melimpah. Foto Avrizal ilmi
Hanya Ada Disini, Sedekah Bumi Dengan Tradisi Perang Nasi
Jum'at, 19-07-2019 | 13:54 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Ada tradisi unik di Kabupaten Bojonegoro secara turun temurun untuk dan mensyukuri nikmat. Warga menyebutnya dengan tradisi balang sego, atau istilah lainnya perang nasi.

Tradisi balang sego diadakan warga Desa Tondomulo tiap bulan suro, dalam rangka bersih desa. Dimana bersamaan dengan berlangsungnya TMMD ke- 105 Kabupaten Bojonegoro. Tradisi tersebut dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur atas hasil pertanian yang melimpah.

Awalnya berbagai hasil pertanian diarak warga dan perangkat mengelilingi desa. Kemudian berakhir di lokasi punden yang dikeramatkan. Sebelum melakukan balang sego atau perang nasi, warga melakukan tradisi sedekah bumi. Kemudian bersalaman terlebih dahulu dengan warga lainnya, untuk menyambung silaturahmi antar warganya .

Setelah ritual sedekah bumi atau berdoa bersama dilakukan, barulah pesta lempar melempar nasi dilakukan. Peserta perang nasi ini diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat desa, mulai dari orang tua, dewasa, remaja hingga anak-anak .

Menurut Yanto kepala desa setempat, tradisi perang nasi dilakukan dengan hati gembira tidak untuk kekerasan. Seluruh warga saling lempar nasi yang telah dibungkus ke segala arah.

"Siapapun yang ada dalam ritual tersebut menjadi korban lemparan, dan semua dilakukan dengan penuh suka cita tanpa ada rasa dendam," kata Yanto. (pul)

Berita Terkait


Ogoh-Ogoh, Barong dan Leak Khas Bali Ikut Pawai Sedekah Bumi

Adat Papua Warnai Sedekah Bumi di Wiyung Surabaya

Sedekah Bumi Warga Berebut Tumpeng Raksasa

Merawat Tradisi, Warga Sumberjaya Pakal Gelar Sedekah Bumi


Sedekah Bumi Warga Berebut Tumpeng Raksasa

Peringati 1 Muharam, Warga Ponorogo Berebut Tumpeng Sedekah Bumi

Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan

Tradisi Sedekah Bumi Larung Gunungan di Waduk Pacal dan Sosialisasi Gemar Ikan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber